facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Di Lampung, Ganjar Pranowo Dapat Pin Emas Kerajaan hingga Disambut Prosesi Adat

Tasmalinda Minggu, 23 Januari 2022 | 09:43 WIB

Di Lampung, Ganjar Pranowo Dapat Pin Emas Kerajaan hingga Disambut Prosesi Adat
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (baju putih) dan Sultan Sekala Brak Kepaksian Pernong [ANTARA]

Ganjar Pranowo tiba di Provinsi Lampung, Sabtu (22/1/2022) disambut dengan beragam kegiatan adat.

SuaraLampung.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadir di Provinsi Lampung, Sabtu (22/1/2022).

Ganjar pun bertemu sejumlah tokoh adat Lampung, yang salah satunya merupakan Sultan Sekala Brak Kepaksian Pernong, Paduka Yang Mulia (PYM) Sai Batin Puniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong, Gelar Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan Ke-23 di Villa Batu Putu Bandarlampung.

Melansir ANTARA, Ganjar yang tiba di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB disambut jajaran Panglima dan Hulubalang kerajaan. Setelah itu, Ganjar diarak menuju lokasi pertemuan oleh para penari pencak silat khakot.

Ganjar sudah disambut Pun Edward Syahpernong, sejumlah saibatin pangeran dan tokoh-tokoh adat. Dalam pertemuan itu, Ganjar kemudian diberi kopiah Lampung bertanduk atau Hanuang Bani dan disematkan pin emas kerajaan sebagai simbol diterimanya Ganjar menjadi keluarga kerajaan.

Baca Juga: Kesaksian Kadis PUPR Soal Fee Rp 2 Miliar Polda Sumsel, AKBP Dalizon Ditahan

"Ya, ini lencana kepaksian, sebuah lencana yang menandakan kekerabatan. Mudah-mudahan ini bisa semakin melekatkan hati Pak Ganjar dengan masyarakat Lampung khususnya Kepaksian Sekala Brak Lampung," kata Pun Edward.

Ganjar dan Pun Edward kemudian makan siang bersama. Keduanya nyeruit bareng, yakni makan makanan khas Lampung, di antaranya menu yang terdiri dari pindang ikan baung, pepes ikan belida, sambal terasi dicampur nanas, sambal durian atau tempoyak lalu lalapan itu disantap keduanya sambil ngobrol bersama dengan akrab.

"Wah, ini luar biasa, nyeruit dengan Pak Edward satu meja penuh makanan. Ada berbagai macam ikan, ada yang besar, kecil. Sambal, nah ini cocok ada lalapannya. Saya suka lalapan," ucap Ganjar saat makan bersama.

Pun Edward mengatakan Kepaksian Sekala Brak menyambut dengan gembira dan bangga atas kunjungan Ganjar.

"Saya sangat bangga dan terharu, Pak Ganjar mau menyempatkan diri bertemu saya dan keluarga saya dari Kepaksian Pernong Sekala Brak. Mudah-mudahan silaturahmi ini tidak akan putus demi kebaikan bersama," ucap Pun Edward.

Baca Juga: Kasus Pelecehan Mahasiswi Unsri, Polda Sumsel Limpahkan Berkas Dua Tersangka ke Kejaksaan

Ganjar begitu terpukau dengan penyambutan Edward Syah Pernong dan keluarganya. Ia yang awalnya berpikir hanya bertemu dengan beberapa keluarga Pun Edward, ternyata yang hadir cukup banyak dan semuanya adalah kerabat kerajaan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait