facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Bersaing dengan Korsel dan Jepang

Wakos Reza Gautama Rabu, 29 Juni 2022 | 06:10 WIB

Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, Bersaing dengan Korsel dan Jepang
Ilustrasi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau Iwan Bule. PSSI mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023. [Twitter @PSSI]

selain Indonesia, sudah ada empat negara yang ingin menjadi tuan rumah Piala Asia 2023

SuaraLampung.id - PSSI mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 setelah mendapatkan restu dari pemerintah Indonesia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, kepastian mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023 didapat setelah pihaknya berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. 

Iriawan menegaskan, pihaknya mengirimkan semua persyaratan kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait pengajuan diri tersebut.

AFC sendiri memberikan batas waktu sampai akhir Juni 2022 kepada federasi anggotanya untuk melengkapi persyaratan tuan rumah.

Baca Juga: PSSI Ajukan Diri Tuan Rumah Piala Asia 2023, Stadion Manahan Masuk Opsi Venue?

Sejauh ini, selain Indonesia, sudah ada empat negara yang resmi menyatakan minatnya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 yakni Korea Selatan, Jepang, Australia dan Qatar.

PSSI sebelumnya masih mempertimbangkan diri untuk menggelar Piala Asia 2023 di Indonesia. Alasannya, waktu penyelenggaraan turnamen itu berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023 yang juga dilaksanakan di Tanah Air.

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023. Sementara Piala Asia 2023 rencananya bergulir pada 16 Juni-16 Juli pada tahun yang sama.

Akan tetapi, PSSI akhirnya berani mengajukan diri setelah Presiden Joko Widodo memberikan "lampu hijau". Hal tersebut disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali.

"Saya langsung melapor kepada Presiden untuk meminta arahan. Beliau menyampaikan, silakan kita mengajukan diri (menjadi tuan rumah Piala Asia 2023-red). Nanti kita melihat keputusan AFC seperti apa," kata Zainudin Amali.

Baca Juga: Jika Indonesia Terpilih, Venue Piala Dunia U-20 Akan Digunakan untuk Piala Asia 2023

Piala Asia 2023 awalnya akan dilangsungkan di China. Akan tetapi, China mengajukan pengunduran diri karena pandemi COVID-19. Itu membuat AFC membuka kesempatan kepada federasi anggotanya untuk mengikuti pencalonan tuan rumah turnamen tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait