facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ibadah Imlek di Vihara Thay Hin Bio Bandar Lampung Dibatasi

Wakos Reza Gautama Rabu, 26 Januari 2022 | 12:21 WIB

Ibadah Imlek di Vihara Thay Hin Bio Bandar Lampung Dibatasi
Ilustrasi Wihara Thay Hin Bio di Bandar Lampung. Ibadah Imlek di Wihara Thay Hin Bio masih dibatasi. [Suaralampung.id/Mitha Setiani Asih]

ibadah Imlek tahun ini masih akan dilakukan pembatasan guna mencegah persebaran COVID-19 varian baru Omicron.

SuaraLampung.id - Vihara tertua di Lampung Thay Hin Bio akan menggelar ibadah Hari Raya Imlek 2573 Kongzili pada pekan depan. Pelaksanaan ibadah kali ini masih dibatasi agar tidak terjadi kerumunan.

Pengurus Vihara Thay Hin Bio, Viria mengatakan, dalam pelaksanaan ibadah Imlek tahun ini masih akan dilakukan pembatasan guna mencegah persebaran COVID-19 varian baru Omicron.

"Untuk mekanisme ibadah masih sama seperti tahun lalu karena pandemi COVID-19 belum usai, jadi untuk umat yang melakukan puja bakti di ruang Bhaktisala dilakukan secara bergantian per 15 orang," katanya, Rabu (26/1/2022) dikutip dari ANTARA.

Ia melanjutkan, untuk mencegah adanya persebaran COVID-19 di tempat ibadah, telah disiapkan pula penerapan protokol kesehatan seperti menyediakan area tunggu bagi umat, melakukan wajib masker, jaga jarak, pengukuran suhu dan menyediakan sarung tangan bagi umat.

Baca Juga: Meski Ada Ribuan Lampion, Masyarakat Tionghoa di Kota Solo Pastikan Imlek Digelar Secara Sederhana

"Sudah disiapkan area tunggu untuk umat agar bisa bergantian masuk ruang Bhaktisala, lalu disediakan juga sarung tangan agar mengurangi sentuhan fisik saat mengambil dupa, wajib masker, pengukuran suhu juga dilakukan," ucapnya.

Menurutnya, perayaan Imlek pada tahun sebelum pandemi COVID-19 berlangsung identik dengan atraksi barongsai, namun kali ini atraksi tersebut ditiadakan untuk sementara waktu.

"Untuk mencegah terjadinya kerumunan, atraksi barongsai dan juga stan makanan minuman ditiadakan sementara waktu saat Imlek beberapa waktu ke depan," katanya.

Ia mengatakan, beragam hal yang telah di persiapkan oleh tempat ibadah tersebut menjadi salah satu bentuk kontribusi umat untuk mengantisipasi persebaran COVID-19 karena adanya hari raya keagamaan.

"Ini bentuk untuk mengantisipasi persebaran COVID-19 di tempat ibadah, umat juga diharapkan dapat menerapkan protokol kesehatan secara baik," ucapnya. (ANTARA)

Baca Juga: 8 Larangan saat Perayaan Tahun Baru Imlek 2022, Salah Satunya Jangan Sarapan Bubur

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait