facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terapkan Restorative Justice, Polisi Bebaskan Pria yang Curi Besi untuk Makan 4 Anaknya

Wakos Reza Gautama Kamis, 20 Januari 2022 | 18:57 WIB

Terapkan Restorative Justice, Polisi Bebaskan Pria yang Curi Besi untuk Makan 4 Anaknya
Kapolsek Telukbetung Utara Kompol Robi Wicaksono menyatakan pihaknya membebaskan Saleh, tersangka pencurian besi, atas dasar restorative justice. [ANTARA]

Dalam menerapkan prinsip restorative justice, penyidik Polsek Telukbetung Utara mempertemukan tersangka dan korban

SuaraLampung.id - Seorang tersangka pencurian besi bernama Saleh dibebaskan penyidik Polsek Telukbetung Utara, Bandar Lampung. Penyidik memutuskan tidak memproses kasus tersebut karena menerapkan prinsip restorative justice

Dalam menerapkan prinsip restorative justice ini, penyidik Polsek Telukbetung Utara mempertemukan tersangka Saleh dan korban pencurian besi sepanjang tiga meter. 

Dalam pertemuan itu, kata Kapolsek Telukbetung Utara Kompol Robi Wicaksono, korban memaafkan tersangka.

"Mereka sudah sepakat untuk melakukan perdamaian dan sudah dibuktikan dengan surat perdamaian dengan ditandatangani kedua belah pihak," kata dia, Kamis (20/1/2022) dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Masalah Sepele, Warga Panjang Bandar Lampung Bunuh Sepupunya Sendiri

Robi menambahkan pihak Polsek TbU sendiri telah menekankan kepada pelaku agar tidak mengulangi perbuatan kembali.

Pihaknya juga melakukan upaya-upaya pencegahan dengan berkoordinasi bersama tokoh masyarakat dan pemerintah setempat untuk bersama-sama mengawasi pelaku agar tidak mengulangi perbuatannya.

"Kita minta kepada masyarakat agar bersama-sama mengawasi pelaku agar tidak mengulangi perbuatannya. Kami juga nanti tetap terus melakukan pengawasan dan pelaku kami minta untuk lapor juga ke Polsek TbU," kata dia lagi. 

Robi Wicaksono mengatakan, pelaksanaan restorative justice terhadap tersangka tersebut merupakan tindak lanjut Perkap No.8 Tahun 2021 tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restorative.

Tersangka Saleh mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dilakukan Polsek TbU terhadap dirinya. Ia juga berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya.

Baca Juga: Puluhan Remaja Asal Natar Geruduk Jalan Pramuka Kemiling, Diduga akan Tawuran

"Saya terima kasih banyak, saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan saya," katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait