facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sektor Penerbangan Belum Terganggu Abu Vulkanik Semeru

Tasmalinda Senin, 06 Desember 2021 | 10:29 WIB

Sektor Penerbangan Belum Terganggu Abu Vulkanik Semeru
Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas terlihat dari Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). Sektor penerbangan belum terganggu akibat erupsi Gunung Semeru [Antara/Ari Bowo Sucipto]

Abu vulkanik erupsi Gunung Semeru belum menganggu layanan penerbangan udara.

SuaraLampung.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyatakan abu vulkanik akibat erupsi Gunung Semeru belum mengganggu layanan transportasi udara.

Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan BMKG Edison Kurniawan mengungkapkan jika hasil pengamatan termasuk data di stasiun meteorologi di Banyuwangi di Jawa Timur, belum ditemukan potensi abu vulkanik Gunung Semeru mengganggu penerbangan.

"Kami melihat tidak ada potensi atau sebaran dari abu vulkanik akibat dari erupsi Gunung Semeru yang mengganggu penerbangan hingga saat ini. Jadi artinya untuk penerbangan hingga hari ini masih dikatakan normal," kata Edison.

Selain pengujian di stasiun meteorologi di Banyuwangi, pengujian dengan metode paper test di beberapa bandara juga menemukan bahwa hampir sebagian besar nihil partikel sehingga disimpulkan tidak ada pengaruh signifikan dari abu vulkanik Semeru.

Baca Juga: Tiga Kabupaten dan Kota di Lampung Ini Tercatat Tak Ada Usaha Pertambangan

Namun, Edison memastikan BMKG akan terus memantau aktivitas erupsi dari Gunung Semeru.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab mengatakan dalam tiga hari ke depan terdapat potensi hujan di sekitar kawasan Gunung Semeru.

"Kita perkirakan masih ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Bahkan di siang hari ada potensi lebat sampai dengan tiga hari ke depan," kata Fachri.

Potensi hujan itu juga dapat terjadi di wilayah lereng dan puncak Gunung Semeru. Adanya potensi hujan itu juga dapat memicu lahar dingin mengaliri lereng menuju ke arah hilir. (ANTARA)

Baca Juga: Azis Syamsuddin Jalani Sidang Perdana Perkara Suap Lampung Tengah Hari Ini

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait