alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Peringati Hari HAM Sedunia, Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa

Wakos Reza Gautama Rabu, 24 November 2021 | 11:28 WIB

Peringati Hari HAM Sedunia, Polri Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa
Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengumumkan Lomba Orasi Unjuk Rasa memperingati Hari HAM Sedunia. [ANTARA]

Lomba Orasi Unjuk Rasa ini memperebutkan Piala Kapolri yang digelar pada 10 Desember 2021.

SuaraLampung.id - Memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, Kapolri mengadakan Lomba Orasi Unjuk Rasa.

Lomba Orasi Unjuk Rasa ini memperebutkan Piala Kapolri yang digelar pada 10 Desember 2021.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa lomba Orasi Unjuk Rasa bertujuan memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

"Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (24/11/2021) dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Polri Klaim Telah Antisipasi Pengamanan Aksi Reuni 212

Ia menjelaskan bahwa lomba tersebut mengangkat tema Memperingati Hari Hak Asasi Manusia dengan subtema bebas. Peserta dibebaskan untuk sampaikan orasi dalam bentuk kritik ataupun masukan yang membangun.

Mantan Kapolda Kalimantan Tengah ini mengatakan bahwa kegiatan orasi ini merupakan komitmen dari Polri yang sangat menghargai aspirasi-aspirasi dari masyarakat yang merupakan salah satu dari HAM.

Hal ini sebagaimana tertuang dalam UUD NRI Tahun 1945 Pasal 28 dan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Polri selalu menghormati dan menghargai HAM dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum," ujarnya.

Seperti halnya Festival Mural Piala Kapolri yang dilaksanakan 30 Oktober lalu, lomba orasi ini juga dilaksanakan di 34 polda seluruh Indonesia.

Baca Juga: Kasus Ketua LSM Tamperak Peras Anggota Polri, Polisi Tetapkan Tersangka Lainnya

Adapun teknis lomba orasi itu nantinya akan melalui seleksi di tingkat polda yang nantinya akan disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait