alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Empat Pekon di Pesisir Barat Belum Teraliri Listrik

Wakos Reza Gautama Kamis, 23 September 2021 | 15:20 WIB

Empat Pekon di Pesisir Barat Belum Teraliri Listrik
Ilustrasi listrik. Empat pekon di Kabupaten Pesisir Barat belum teraliri listrik. [Dok Elements Envanto]

Empat pekon di Pesisir Barat yang belum teraliri listrik

SuaraLampung.id - Dari 116 pekon di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, sebanyak empat pekon dan dua kelurahan belum teraliri listrik PLN.

Empat pekon di Pesisir Barat yang belum teraliri listrik yaitu Pekon Wayharu, Siringgading, Waytias, dan Bandardalam. Empat pekon ini berada di Kecamatan Bengkunat. 

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Pesisir Barat, Jon Edwar mengatakan, jaringan listrik PLN telah menjangkau lokasi permukiman pemangku yang jauh dari pemukiman utama.

Seperti di Talang Meranjat, Kupang Ilir, Kupang Ulu, Atar Klawi, di Kecamatan pesisir selatan dan disatuan pemukiman Kecamatan Ngambur.

Baca Juga: KPK Usut Kasus Korupsi Pemberian Hadiah atau Janji di Lampung Tengah

Sejak mekar dari Kabupaten Lampung Barat, terjadi peningkatan signifikan jaringan listrik.

"Dari Lampung Barat dahulu kisaran antara 36%-37% dari total wilayah Pesisir Barat yang mendapat listrik PLN tetapi sekarang mencapai 95%," ujar dia dikutip dari Lampungpro.co--jaringan Suara.com.  

Pihaknya terus berupaya agar gardu induk berdiri dengan berkoordinasi dengan PLN dan menyiapkan lahan gardu di Pekon Rawas Kecamatan Pesisir Tengah.

"PLN kan persero, utamanya melayani masyarakat bagaimana seluruh warga negara dapat menikmati listrik PLN. Namun mereka juga melihat sisi keuntungan karena berkaitan dengan operasional. Kami juga berupaya mengajak investor untuk membuka usaha di sini. Jangan ragu berinvestasi di Pesisir Barat," kata Jon.  

Dia mengatakan, bukan tidak ada upaya membangun pembangkit listrik sendiri. Namun minimnya sumber energi listrik yang besar dan stabil dalam jangka waktu lama, hingga kini belum ditemukan di Pesisir Barat. 

Baca Juga: KPK Usut Kasus Dugaan Korupsi di Lampung Tengah

Beberapa tahun lalu dibangun PLTA mikrohidro oleh pihak ketiga di Pekon Tanjung, Kemala Kecamatan Bangkunat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait