alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Diskes Lampung Pulangkan 400 Pemudik Sembuh dari Covid-19

Wakos Reza Gautama Kamis, 03 Juni 2021 | 11:13 WIB

Diskes Lampung Pulangkan 400 Pemudik Sembuh dari Covid-19
Ilustrasi tes swab antigen terhadap pemudik. Sebanyak 400 pemudik yang sembuh Covid-19 telah dipulangkan. [Suara.com/Jehan Nurhakim]

Diskes Provinsi Lampung mencatat ada 400 orang pemudik yang dikarantina telah sembuh dari Covid-19.

SuaraLampung.id - Selama periode penyekatan pemudik di Provinsi Lampung ada 1.351 pemudik yang positif Covid-19. Para pemudik yang ketahuan positif Covid-19 ini diisolasi di tempat karantina. 

Terkini data Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung mencatat ada 400 orang pemudik yang dikarantina telah sembuh dari Covid-19.

"Total terakhir mandatory tes pada tanggal 31 Mei ada 1.351 pemudik yang positif COVID-19, dan 400 orang diantaranya telah dinyatakan sembuh dari COVID-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Rabu (2/6/2021) dilansir dari ANTARA.

Dia menjelaskan 400 orang pemudik yang telah dinyatakan negatif Covid-19 tersebut telah diperbolehkan kembali ke tempat asal masing-masing.

Baca Juga: Kompeks Gedung Sate Lockdown Lagi, 31 Orang Positif COVID-19

"Sudah boleh kembali ke tempat masing-masing setelah mendapatkan perawatan serta menjalankan isolasi selama 10 hari," ucapnya.

Menurutnya, 400 orang pemudik asal luar atau dalam Lampung yang sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut kini rata-rata telah CT Value diatas 35 atau dapat diartikan jumlah virus dalam tubuh berkurang.

"Mereka sudah kami tes usap ulang, dan rata-rata CT Value tes usap diatas 35, namun sebelum pulang kita telah edukasi tentang protokol kesehatan terlebih dahulu," katanya.

Ia mengatakan untuk pemudik yang dinyatakan belum pulih dari Covid-19 masih dalam masa isolasi di sejumlah tempat isolasi.

"Yang masih positif Covid-19 kita masih isolasi, untuk tempat isolasi kita juga telah bekerjasama dengan PHRI untuk meminjam sejumlah hotel untuk karantina, karena telah ada 400 orang yang dinyatakan sembuh maka kapasitas tempat isolasi pun masih mencukupi untuk menampung pemudik yang positif Covid-19," ujarnya pula.

Baca Juga: Sentra Vaksinasi Covid-19 Traveloka di Tangsel, Lansia Jadi Kelompok Prioritas

Reihana melanjutkan pengawasan dan perawatan pemudik yang masih dalam masa pemulihan ataupun isolasi masih akan terus dilakukan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait