alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Niat, Tata Cara dan Hukum Salat Idul Fitri

Hairul Alwan Kamis, 13 Mei 2021 | 06:15 WIB

Niat, Tata Cara dan Hukum Salat Idul Fitri
Warga Kampung Ciganjur, Jakarta Selatan sholat Ied di jalan pada Lebaran 2020 atau Idul Fitri 1441 Hijriah [Suara.com/Mohammad Fadil Djailani].

Setelah sebulan berpusa, Sholat Idul Fitri menjadi salah satu ibadah yang dijalankan sebagai tanda kemenangan melawan hawa nafsu sebulan penuh saat Bulan Ramadhan.

SuaraLampung.id - Salah satu ibadah Sunnah yang kerap kali ditunggu-tunggu dan dijalankan secara berjamaah pada hari Idul Fitri yakni Sholat Idul Fitri. Setelah sebulan berpusa, Sholat Idul Fitri menjadi salah satu ibadah yang dijalankan sebagai tanda kemenangan melawan hawa nafsu sebulan penuh saat Bulan Ramadhan.

Dalam pelaksanaannya, tentu umat Muslim harus sesuai aturan dan tata cara Sholat Ied yang benar. Berikut Niat, Tata Cara dan Hukum Salat Idul Fitri yang tepat sesuai tuntunan Islam.

Sholat Idul Fitri dilaksanakan 2 rakaat dengan satu kali salam. Sebelum melaksanakan sholat, diwajibkan untuk membaca niat terlebih dahulu. Adapun niat sholat idul fitri adalah sebagai berikut:

Ushalli sunnatan li idi fitri rak'atayni mustaqbilal qiblati ada'an imaman/ma'muman lillahi ta'ala.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Fitri di Rumah Lengkap dengan Khutbah Singkat

Artinya: Aku berniat salat sunnah Idul Fitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta'ala.

Tata Cara Sholat Idul Fitri

Berikut ini adalah panduan melaksanakan sholat Idul Fitri yang bisa kamu kerjakan di masjid, lapangan terbuka ataupun di rumah secara berjamaah:

Sebelum sholat, disunnahkan untuk memperbanyak bacaan takbir, tahmid, dan tasbih.
Sholat dimulai tanpa kumandang azan dan iqamah. Namun dengan seruan "ashalatul jami'ah" yang artinya ajakan untuk mendirikan sholat secara berjamaah.
Mulai dengan niat sholat Idul Fitri.

Membaca takbir dan mengangkat tangan sebanyak 7 kali
Membaca takbiratul ihram, diteruskan surah Al Fatihah dan surah-surah pendek dalam Al Qur'an.

Baca Juga: Selera Ramadhan: Nostalgia Makanan Favorit Shahnaz Haque Sejak Kecil

Ruku', sujud, duduk di antara dua sujud dan seterusnya seperti ibadah sholat biasa hingga berdiri kembali untuk rakaat kedua.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait