alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Laptop Anda Lemot? Ini Cara Mengatasinya

Wakos Reza Gautama Rabu, 24 Februari 2021 | 06:10 WIB

Laptop Anda Lemot? Ini Cara Mengatasinya
Ilustrasi laptop. Cara mengatasi saat laptop lemot

Salah satu kendala utama adalah laptop lemot

SuaraLampung.id - Gawai laptop saat ini sangat penting bagi para pekerja kreatif maupun pekerja kantoran. Laptop menjadi alat kerja utama bagi para pekerja saat ini.

Laptop juga menjadi alat utama bagi penyuka game. Nah karena begitu pentingnya laptop, maka pemilihan laptop yang mumpuni jadi pilihan.

Namun terkadang ada saja kendala yang dihadapi saat menggunakan laptop. Salah satu kendala utama adalah laptop lemot. Ini tentu menggangu kerja para pekerja yang menggantungkan pekerjaannya dari laptop. 

Lalu apa penyebab laptop anda lemot? Berikut beberapa penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

1. Terlalu Banyak Instal Aplikasi

Ketika Anda menginstal beberapa aplikasi tambahan di samping aplikasi bawaan, kuota aplikasi itu akan makan tempat di sistem RAM Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan agar tidak menginstal terlalu banyak aplikasi.Installah yang penting-penting saja dan berhubungan dengan bisnis atau bidang kerja Anda.

Jika Anda sudah terlalu banyak menginstal aplikasi dan sekarang laptop jadi lemot, segeralah uninstal aplikasi yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Sisakan aplikasi yang benar-benar mendukung dunia kerja Anda sehingga produktifitas Anda pun meningkat. Dengan menguninstal beberapa aplikasi, beban RAM akan berkurang dan kinerja laptop akan meningkat lebih baik.

2.  Lemot Karena Virus

Salah satu penyebab laptop lemot ialah karena virus. Apabila Anda merasa RAM maupun Drive C masih memiliki banyak ruang tersisa tapi penggunaannya terasa lemot, hal ini sudah pasti disebabkan karena virus dan hidden software yang terindikasi sebagai malware.

Baca Juga: Teaser Terbaru RedmiBook Pro, Desain Laptop Premium Ikut Terungkap

Virus atau hidden software seperti ini sangat merugikan karena dapat merusak perangkat RAM maupun Drive C. Untuk mengatasinya, Anda harus menginstal antivirus, dan setelah di'sembuhkan' harap gunakan laptop Anda semestinya saja.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait