alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

WNI tak Lagi Diwajibkan Vaksin Booster untuk Masuk Arab Saudi

Wakos Reza Gautama Jum'at, 26 November 2021 | 17:10 WIB

WNI tak Lagi Diwajibkan Vaksin Booster untuk Masuk Arab Saudi
Ilustrasi Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Menag Yaqut menyampaikan kelonggaran bagi WNI yang ingin masuk Arab Saudi. [Suara.com/Novian Ardiansyah]

Terkini Arab Saudi juga tidak mewajibkan WNI untuk mengikuti vaksin penguat (booster).

SuaraLampung.id - Pemerintah Arab Saudi melonggarkan aturan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang mau masuk ke negaranya. 

WNI tidak lagi diwajibkan menjalani karantina di negara ketiga ketika ingin masuk ke Arab Saudi. 

Terkini Arab Saudi juga tidak mewajibkan WNI untuk mengikuti vaksin penguat (booster). 

Informasi kelonggaran dari pemerintah Arab Saudi ini disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga: Mulai 1 Desember, Arab Saudi Izinkan Warga dari Indonesia Masuk Tanpa Karantina 14 Hari

"Tidak lagi ada persyaratan booster, namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes)," ujar Yaqut Cholil Qoumas dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (26/11/2021) dikutip dari ANTARA.

Otoritas Arab Saudi sebelumnya hanya mengakui vaksin Pfizer, Moderna, AstraZeneca, dan Johnson & Johnson (J&J) sebagai syarat agar bisa masuk ke Tanah Suci.

Sementara bagi negara-negara yang memakai vaksin Sinovac dan Sinopharm diwajibkan mendapat satu dosis suntikan tambahan atau booster dari empat vaksin yang diakui Pemerintah Arab Saudi tersebut.

Kini aturan tersebut telah dicabut, hanya saja warga negara asing atau jamaah umrah harus menjalani karantina selama lima hari setibanya di Tanah Suci.

"Namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) dengan menjalani karantina institusional selama lima hari. Ini harus dipatuhi dan menjadi perhatian bersama," kata dia.

Baca Juga: Syaratnya Dipermudah, WNI Diizinkan Masuk Arab Saudi Mulai 1 Desember 2021

Sebelumnya, otoritas penerbangan Arab Saudi telah memperbarui aturan penerbangan internasionalnya. Terhitung 1 Desember 2021, penerbangan dari Indonesia bisa langsung menuju ke Arab Saudi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait