facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Profil Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus, Berpengalaman di Reserse dan Pernah Bertugas di KPK

Wakos Reza Gautama Kamis, 30 Juni 2022 | 12:41 WIB

Profil Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus, Berpengalaman di Reserse dan Pernah Bertugas di KPK
Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus tiba di Mapolda Lampung, Kamis (30/6/2022). [Lampungpro.co]

Irjen Akhmad Wiyagus menjadi Kapolda Lampung menggantikan Irjen Hendro Sugiatno

SuaraLampung.id - Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus tiba di Markas Polda Lampung pada Kamis (30/6/2022) usai dilantik Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sehari sebelumnya. 

Irjen Akhmad Wiyagus menjadi Kapolda Lampung menggantikan Irjen Hendro Sugiatno yang mendapat promosi penugasan ke Kementerian Perhubungan. 

Dikutip dari Lampungpro-jaringan Suara.com, kedatangan Kapolda Lampung Irjen Akhmad Wiyagus di Polda Lampung disambut sejumlah pejabat utama (PJU) Polda Lampung.

Akhmad Wiyagus juga menerima tradisi rangkaian penyambutan seperti pengalungan bunga, hingga upacara pedang pora atau gapura pedang.

Baca Juga: Polda Lampung Turun Tangan Selidiki Pembunuhan Pengusaha asal Rajabasa

Setelah itu, Kapolda Lampung yang baru itu langsung memberikan sejumlah arahan ke anggotanya. Selanjutnya dijadwalkan bakal beraudiensi dengan Forkopimda Pemprov Lampung.

Perlu diketahui, Irjen Akhmad Wiyagus lahir pada 23 September 1967, ia menjadi seorang perwira tinggi Polri lulusan akademi kepolisian (Akpol) tahun 1989. Akhmad Wiyagus berpengalaman dalam bidang reserse.

Sebelum diamanahi memimpin Polda Lampung, Akhmad Wiyagus menjabat Kapolda Gorontalo. Sebelum itu, jenderal bintang dua ini juga pernah menjabat Wakapolda Jawa Barat.

Sebelum itu, Akhmad Wiyagus juga pernah menduduki jabatan strategis lainnya di instansi Polri. Dirinya juga banyak ditugaskan dalam jabatan di satuan penanganan tindak pidana korupsi (Tipidkor).

Akhmad Wiyagus juga pernah menduduki jabatan sebagai Direktur Pengaduan Masyarakat KPK, Kapolres Sumedang tahun 2008, dan Kanit II Dit III/Tipikor Bareskrim Polri tahun 2010.

Baca Juga: Buntut Digerebek Berduaan dengan Istri Perwira, AKP ZA Dicopot dari Jabatan Kasat Lantas Polres Way Kanan

Pernah juga menjabat Kasubdit II Dittipidkor Bareskrim Polri tahun 2011, Wadirtipidkor Bareskrim Polri tahun 2013, Dirtipidkor Bareskrim Polri tahun 2014, dan Wakapolda Maluku tahun 2018.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait