facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Puskesmas Pembantu di Desa Sungai Burung Roboh, Ini Respons Diskes Lampung

Wakos Reza Gautama Rabu, 25 Mei 2022 | 09:51 WIB

Puskesmas Pembantu di Desa Sungai Burung Roboh, Ini Respons Diskes Lampung
Ilustrasi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana. Diskes Provinsi Lampung akan membantu akses masyarakat Desa Sungai Burung, Tulang Bawang. [ANTARA]

di Desa Sungai Burung, Kabupaten Tulang Bawang Puskesmas Pembantu roboh

SuaraLampung.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siap memperbaiki kembali akses kesehatan bagi nelayan yang ada di berbagai daerah pesisir Lampung.

Salah satu tempat yang menjadi perhatian adalah di Desa Sungai Burung, Tulang Bawang. Puskesmas pembantu di daerah tersebut roboh sehingga masyarakat pesisir kesulitan mengakses fasilitas kesehatan.

"Telah didapatkan informasi memang ada sejumlah daerah di pesisir yang perlu mendapatkan perhatian untuk kesehatan. Sebab akses pelayanan kesehatan ini harus dibuka seluas-luasnya," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Selasa (24/5/2022).

Ia mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu masyarakat terutama nelayan pesisir pantai, untuk mendapatkan akses kesehatan salah satunya dengan membantu menyediakan alat kesehatan dan obat-obatan.

Baca Juga: Besar atau Kecil Gaji yang Kamu Dapatkan, Kesehatan Mental Wajib Kamu Jaga!

"Seperti di Desa Sungai Burung, Kabupaten Tulang Bawang terkendala pada akses kesehatan karena Puskesmas Pembantu roboh. Ini nanti akan kita koordinasikan dengan pemerintah kabupaten untuk kembali menyediakan fasilitas itu. Sementara untuk alat kesehatan dan obat akan dikirim dari sini," ucapnya.

Menurutnya, bagi masyarakat pesisir dan nelayan di Desa Sungai Burung diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan sementara yang telah disediakan oleh bidan desa setempat.

"Nelayan dan warga Desa Sungai Burung bisa gunakan sementara fasilitas kesehatan yang dibuat bidan desa sembari menunggu perbaikan. Dan untuk daerah pesisir pantai lainnya akan kita coba koordinasikan agar akses kesehatan ini tetap bisa digunakan masyarakat," katanya.

Dia melanjutkan, untuk mendukung terbukanya akses kesehatan bagi masyarakat di pesisir pantai, pihaknya meminta tenaga sanitarian dan Tim Promkes agar terus memperhatikan kebersihan di kawasan pesisir.

"Tim Promkes dan sanitarian juga harus melihat secara rutin kebersihan di sekitar pemukiman warga di pesisir. Sebab aspek kebersihan ini jadi pendukung utama terciptanya masyarakat yang sehat, dan jangan lupa untuk menyediakan Posyandu juga," ucapnya pula.

Baca Juga: Saran Zodiak Kesehatan Hari Ini, 25 Mei 2022: Aquarius, Saatnya Disiplin dalam Aktivitas Kebugaran

Adanya komitmen untuk memperbaiki akses kesehatan di pemukiman nelayan dan daerah pesisir di sambut positif oleh salah seorang wanita nelayan rajungan asal Sungai Burung, Rukiah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait