alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Jadi Penulis Sukses? Simak Tips Menulis dari Dee Lestari

Wakos Reza Gautama Minggu, 15 Agustus 2021 | 10:23 WIB

Ingin Jadi Penulis Sukses? Simak Tips Menulis dari Dee Lestari
Ilustrasi penulis. Simak tips menjadi penulis sukses ala Dee Lestari. [pexels.com/Ivan Samkov]

Dee Lestari membagikan tips yang bermanfaat bagi anda penulis pemula.

SuaraLampung.id - Penulis terkenal Dewi Lestari atau Dee membagikan tips bagi penulis pemula.

Penulis pemula biasanya kesulitan ketika ingin memulai sebuah tulisan. Dee Lestari membagikan tips yang bermanfaat bagi anda penulis pemula. 

Dee Lestari, membagikan tips menulis bagi penulis pemula di acara Mulai Menulis ala Dee Lestari, Jumat (13/8/2021). Apa saja? Berikut daftarnya-

1. Rencanakan dan petakan ide
Sebuah kesalahan penulis pemula adalah, merasa bahwa menulis itu gampang dan spontan. Padahal, Dewi Lestari mengungkapkan, menulis perlu direncanakan dan perlu memetakan ide.

Baca Juga: 4 Aplikasi Pengubah Suara Jadi Teks, Bantu Kamu Cepat Mencatat Informasi

"Tidak semua ide mengalir dengan lancar. Apalagi kalau kamu mau menulis panjang. Saya biasa bikin dulu draft sama poin-poinnya, dan itu saya rencanakan,” ungkapnya.

2. Memiliki pembuka tulisan yang kuat
Bagi penulis pemula, yang harus dilakukan saat menulis adalah membuat kalimat pembuka yang kuat. Dengan kalimat pembuka, lanjut Dewi Lestari, ini menjadi kunci yang sangat penting dalam menulis.

"Kalau kamu bikin konten, sama juga dan jangan terlalu banyak kata-kata. Kalau ada satu inti yang mau dibicarakan, letakkan di depan," lanjut Dee yang sudah merilis buku terbarunya, Rapijali.

3. Tunjukkan emosi
Saat mulai menulis, coba tunjukkan sisi emosi. Jika ingin menulis cerita fiksi misalnya, supaya tulisan lebih hidup, harus berusaha mengungkap deksripsi yang ingin disampaikan.

"Otomatis kita dipaksa untuk menulis deksripsi, tapi kalau bukan fiksi ya sama juga. Kenapa kita tertarik sama tulisan? Karena ada sesuatu yang dimainkan di hati kita, salah satunya emosi," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Tips Memulai Menulis Bagi Penulis Pemula ala Dewi Dee Lestari

4. Bingkai dalam adegan
Jika ingin menulis karya fiksi, membuat adegan sangatlah penting. Tidak hanya fiksi saja yang harus dibuat adegan, tulisan non-fiksi bagi Dee juga sama. "Tidak hanya keterangan, tapi ada sensasi panca indera, timeline, jadi nggak melulu kronologi kering aja," lanjut Dee.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait