alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

PAD KIR Kota Bandar Lampung Capai Rp700 Juta

Wakos Reza Gautama Jum'at, 11 Juni 2021 | 08:45 WIB

PAD KIR Kota Bandar Lampung Capai Rp700 Juta
Ilustrasi pendapatan asli daerah (PAD). PAD KIR Kota Bandar Lampung capai Rp700 juta. [pixabay.com/EmAji]

Jumlah PAD KIR Kota Bandar Lampung tersebut mencapai 43 persen

SuaraLampung.id - Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandar Lampung dari bidang Uji Emisi Kendaraan (KIR) telah mencapai angka sebesar Rp700 juta. 

Jumlah PAD KIR Kota Bandar Lampung tersebut mencapai 43 persen dari target Rp1,5 miliar pada tahun 2021. Masih ada beberapa bulan ke depan untuk memenuhi target. 

"Hingga akhir Mei 2021 realisasi kita sudah Rp700 juta atau 43 persen dari target," kata Kepala UPT KIR Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung, Andy Koenang, Kamis (10/6/2021) dilansir dari ANTARA.

Dia optimistis pada tahun ini akan mencapai target PAD yang telah ditetapkan mengingat di tahun 2020 meski situasi sulit karena awal masa pandemi COVID-19 UPT KIR mampu mencapai Rp81 persen dari target Rp1,2 miliar.

Baca Juga: Yuk Ikutan Lomba Foto HUT Kota Bandar Lampung, Ini Syaratnya

Pihaknya, kata Andy, akan berusaha memenuhi 50 persen lebih target pada akhir bulan Juni dengan memaksimalkan pelayanan KIR yang beroperasi dari hari Senin hingga Sabtu. Namun di hari Sabtu pelayanan buka hanya setengah hari.

"Alhamdulillah tahun lalu walaupun awal pandemi COVID-19 kita bisa capai 81 persen dari target, dan tahun 2021 kita optimistis bisa capai 100 persen. Dalam jangka waktu dekat paling tidak Juni akhir sudah capai 50 persen lebih dari target," kata dia.

Andy mengungkapkan bahwa dalam satu hari pihaknya dapat melayani pengujian KIR kendaraan sekitar 80 sampai 120 unit tergantung situasinya.

"Kalau lagi banyak bisa capai 100 lebih kendaraan yang datang untuk uji KIR," kata dia.

Ia mengajak kepada pemilik kendaraan untuk tidak malas melakukan uji KIR, sebab masih banyak dari mereka yang tidak melakukannya karena dianggap uji KIR akan memakan waktu yang lama padahal tidak sama sekali.

Baca Juga: Kalapas Rajabasa Bantah ada Napi Kendalikan Narkoba Antarpulau

"Banyak yang bilang uji KIR lama prosesnya tapi kita lihat dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 WIB kita sudah uji 60 kendaraan, artinya hanya sekitar tiga menit saja satu kendaraan," kata dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait