facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dapat Perintah Kiai Sepuh, Gus Salam dan Gus Kautsar Mundur dari PBNU

Wakos Reza Gautama Jum'at, 28 Januari 2022 | 16:10 WIB

Dapat Perintah Kiai Sepuh, Gus Salam dan Gus Kautsar Mundur dari PBNU
Ilustrasi proses pemilihan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Gus Salam dan Gus Kautsar mundur dari kepengurusan PBNU.

Alasan Gus Salam dan Gus Kautsar mundur dari kepengurusan PBNU pimpinan KH Yahya Cholil Staquf

SuaraLampung.id - KH Abdus Salam Shohib (Gus Salam) dan Abdurrohman Al-Kautsar (Gus Kautsar), mengundurkan diri dari kepengurusan PBNU periode 2022-2027.

Alasan Gus Salam dan Gus Kautsar mundur dari kepengurusan PBNU pimpinan KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya karena ingin tetap berada di PWNU Jawa Timur. 

"Ya, atas arahan kiai sepuh agar kami tetap istiqomah berkhidmat mendampingi Rais dan Ketua PWNU Jatim," ujar Gus Salam yang juga Wakil Ketua PWNU Jatim dalam siaran pers diterima di Surabaya, Jumat (28/1/2022).

Sementara itu, Gus Kautsar mengatakan bahwa yang memerintahkan untuk tetap berkhidmat di PWNU Jatim adalah KH Nurul Huda Djazauli.

Baca Juga: Gus Salam dan Gus Kautsar Putuskan Mundur dari Kepengurusan PBNU yang Dipimpin Gus Yahya, Ini Alasannya

"Kami ditempatkan di mana saja monggo kerso beliau karena jauh lebih pirso (memahami lahir batin) kualitas kami dari pada diri kami sendiri. Sam'an wa Tha'atan (mendengar dan menaati)," ucapnya.

Gus Kautsar merupakan putra KH Nurul Huda Djazuli, yang juga Pengasuh Pesantren Al Falah Ploso Mojo Kediri.

Sedangkan Gus Salam adalah putra KH Sohib Bisri, yang juga cucu KH Bisri Syamsuri (Pendiri Pesantren Mambaul Maarif Denanyar Jombang dan Rais Aam PBNU 1970-1980).

KH Nurul Huda juga telah menulis surat secara resmi kepada Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, tertanggal 13 Januari 2022.

Pada 18 Januari lalu, Gus Kautsar dan Gus Salam telah menyampaikannya perihal mundur dari PBNU pada pertemuan di Lirboyo.

Baca Juga: PBNU 'Jewer' Ketua PCNU Banyuwangi dan Sidoarjo Terkait Kegiatan Politik Praktis dengan Bacalon Presiden

Di sisi lain, seperti diketahui bahwa sejumlah figur di jajaran PWNU Jatim mendapat amanah untuk memperkuat jajaran kepengurusan PBNU periode lima tahun ke depan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait