facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pasien COVID-19 Diduga Omicron adalah ASN Pemprov Lampung yang Baru Pulang dari Bogor

Wakos Reza Gautama Kamis, 13 Januari 2022 | 14:36 WIB

Pasien COVID-19 Diduga Omicron adalah ASN Pemprov Lampung yang Baru Pulang dari Bogor
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana memaparkan ASN Pemprov Lampung yang terpapar COVID-19 belum bisa dipastikan terinfeksi Omicron. [ANTARA]

pasien COVID-19 yang diduga terinfeksi Omicron itu adalah ASN Pemprov Lampung

SuaraLampung.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung buka suara mengenai beredarnya pesan berantai tentang adanya satu warga Bandar Lampung yang terinfeksi COVID-19 varian Omicron

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan, pasien COVID-19 yang diduga terinfeksi Omicron itu adalah seorang aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Provinsi Lampung. 

Pasien tersebut baru saja melakukan perjalanan ke luar kota yaitu ke Bogor, Jawa Barat. Sepulang dari Bogor, ASN Pemprov Lampung ini terinfeksi COVID-19. 

Namun Reihana belum bisa memastikan apakah benar yang bersangkutan terpapar Omicron atau bukan. Ini karena pihak Dinas Kesehatan masih menunggu hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) dan S Gene Target Failure (SGTF).

Baca Juga: Cara Mengetahui Tiket dan Status Vaksinasi Booster di PeduliLindungi

"Belum bisa dipastikan bahwa seorang yang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini merupakan pasien Omicron, sebab masih menunggu hasil karena ini kasus COVID-19 biasa," ujar Reihana, Kamis (13/1/2022) dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan, saat ini sampel pemeriksaan seorang pasien positif COVID-19 tersebut tengah menunggu hasil pemeriksaan.

"Saat ini masih menunggu hasil WGS dan SGTF dari pemeriksaan sampel yang dikirim dari Litbangkes hari ini," katanya.

Dia juga menjelaskan telah dilakukan pula penelusuran kasus dari kasus terkonfirmasi positif COVID-19 itu kepada 100 orang kontak erat yang berasal dari lingkungan kerja dan keluarga.

"Sudah ditracing 100 orang yang berasal dari lingkungan kerja serta keluarga yang bersangkutan dan hasilnya negatif dari COVID-19, tapi memang ada seorang keluarganya yang terkonfirmasi positif," ucapnya.

Baca Juga: Rayuan Maut Anggota TNI Luluhkan Hati Bocah SD di Lampung Timur untuk Divaksin Covid-19

"Berdasarkan pemeriksaan epidemiologi memang pasien tersebut merupakan ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, yang baru saja pulang dari Bogor. Saat ini memang belum ada hasil yang menunjukkan terpapar Omicron," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait