facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Calon Jemaah Indonesia Belum bisa Umrah ke Arab Saudi, Ini Penyebabnya

Wakos Reza Gautama Jum'at, 03 Desember 2021 | 16:31 WIB

Calon Jemaah Indonesia Belum bisa Umrah ke Arab Saudi, Ini Penyebabnya
Ilustrasi umrah. Jemaah Indonesia belum bisa umrah. [Saudi Ministry of Hajj and Umra / AFP]

Kendala yang dihadapi calon jemaah umrah yaitu belum terbacanya visa elektronik (e-visa) oleh sistem

SuaraLampung.id - Arab Saudi sudah membuka pintu bagi jemaah Indonesia yang mau melakukan ibadah umrah atau haji. Namun sejauh ini masih terdapat kendala bagi jemaah umrah asal Indonesia. 

Kendala yang dihadapi calon jemaah umrah yaitu belum terbacanya visa elektronik (e-visa) oleh sistem yang dikembangkan Arab Saudi  

Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah Eko Hartono mengatakan e-visa ini walaupun sudah dibuka oleh Arab Saudi, tapi belum bisa diakses travel di Indonesia. 

"Teman-teman di travel belum bisa meregistrasi jamaahnya pada saat mereka memilih vaksin," ujar Eko saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Jumat (3/12/2021) dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Jokowi: Pandemi Memberikan Peluang untuk Melompat Naik

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengembangkan aplikasi Tawakalna, serupa seperti PeduliLindungi di Indonesia.

Dalam aplikasi Tawakalna ini belum bisa membaca vaksin dari China seperti Sinovac maupun Sinopharm, baru empat jenis vaksin saja yang diakui Arab Saudi; Moderna, AstraZeneca, Pfizer, dan Jhonson and Jhonson.

Begitu pula saat akan melakukan registrasi e-visa. E-visa umrah belum terintegrasi dengan data-data yang ada di PeduliLindungi terutama pada pembacaan sertifikat vaksin. E-visa ini menjadi salah satu syarat wajib untuk bisa melaksanakan ibadah umrah.

"Karena tanpa e-visa mereka ga bisa umrah," ujar Eko.

Eko menjelaskan beberapa hari lalu otoritas kesehatan Indonesia dan Arab Saudi sudah melakukan pertemuan untuk melakukan integrasi aplikasi Tawakalna dan PeduliLindungi agar nantinya bisa menerbitkan e-visa umrah.

Baca Juga: Imbas Kebakaran Gedung Cyber, Satu Broker Saham Belum Bisa Transaksi Perdagangan

Ia berharap dalam waktu dekat sudah ada kabar baik, sehingga calon jamaah umrah Indonesia bisa segera terbang ke Arab Saudi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait