alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Usai G30S, Istri Omar Dani Ketakutan Didatangi Jenderal Ahmad Yani lewat Mimpi

Wakos Reza Gautama Sabtu, 18 September 2021 | 08:20 WIB

Usai G30S, Istri Omar Dani Ketakutan Didatangi Jenderal Ahmad Yani lewat Mimpi
Omar Dani dan istri. [Repro Buku Tuhan, pergunakanlah hati, pikiran dan tanganku : pledoi Omar Dani]

Omar Dani menceritakan mimpi sang istri didatangi Jenderal Ahmad Yani setelah peristiwa G30S.

SuaraLampung.id - Menteri/Panglima Angkatan Udara Laksamana Madya Udara Omar Dani dituduh terlibat Gerakan 30 September 1965 (G30S). Ia ditangkap sepulang dari kunjungan kerja di Kamboja pada 20 April 1966.

Omar Dani bersama istri dan kelima anaknya langsung ditahan di komplek peristirahatan AURI (Angkatan Udara Republik Indonesia) di Cibogo, Bogor, dengan tuduhan terlibat G30S. 

Di sana, ternyata sudah ada bapak dan ibu Omar Dani. Walau tak terlibat G30S, mereka ditahan lebih awal seminggu dari Omar Dani. Mulailah Omar Dani menjalani hidupnya sebagai seorang tahanan negara. 

Di Cibogo, Omar Dani melewati malam dengan berbincang bersama sang ayah. Pada suatu malam, Omar Dani menceritakan mimpi aneh yang dialami istrinya Sri Setiani. 

Baca Juga: Sumpah Pimpinan Ponpes Somalangu Syekh Mahfudz: Ahmad Yani Bakal Tewas Menyedihkan!

Dikutip dari Buku "Tuhan, pergunakanlah hati, pikiran, dan tanganku: Pledoi Omar Dani" Omar Dani cerita sang istri mengalami mimpi aneh tiga hari berturut-turut. 

Mimpi pertama sang istri melihat almarhum Jenderal Ahmad Yani yang diam saja. Jenderal Ahmad Yani adalah salah satu korban G30S. Jasad Ahmad Yani bersama enam orang lainnya ditemukan di sebuah sumur tua di Lubang Buaya.

Omar Dani dan Bung Karno. [Repro Buku Tuhan, pergunakanlah hati, pikiran dan tanganku : pledoi Omar Dani]
Omar Dani dan Bung Karno. [Repro Buku Tuhan, pergunakanlah hati, pikiran dan tanganku : pledoi Omar Dani]

Esok harinya, istri Omar Dani kembali mengalami mimpi bertemu Jenderal Ahmad Yani. Mimpi itu masih berlanjut pada malam berikutnya. 

Di mimpi ketiga, istri Omar Dani melihat Jenderal Ahmad Yani mengenakan pakaian kebesaran militer lengkap dengan bintang jasa. Tak ada sepatah kata pun keluar dari mulut Ahmad Yani. Sang jenderal hanya mengumbar senyum ke istri Omar Dani. 

Mendapat mimpi aneh tiga hari berturut-turut membuat istri Omar Dani ketakutan. Ia menceritakan ke suaminya mengenai mimpi yang dialami selama tiga malam. 

Baca Juga: Bali di Masa G30S 1965, Sarjana dari Beragam Latar Belakang Partai Bertikai

Sebagai suami, Omar Dani menenangkan sang istri dan memberitahu bahwa mimpi itu adalah pertanda baik. Omar Dani lalu menggelar acara tahlilan pada malam Jumat untuk mendoakan arwah Jenderal Ahmad Yani. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait