facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tanggamus Dua Kali Dilanda Gempa Bumi

Wakos Reza Gautama Senin, 12 April 2021 | 09:08 WIB

Tanggamus Dua Kali Dilanda Gempa Bumi
Ilustrasi gempa bumi. Gempat terjadi di Tanggamus, Lampung. [Antara]

Gempa pertama yang terjadi di Tanggamus dan sekitarnya berkekuatan Magnitude 4.8.

SuaraLampung.id - Wilayah Tanggamus dan sekitarnya dilanda gempa bumi sebanyak dua kali. Gempa pertama terjadi pada Minggu (11/4/2021) sekitar pukul 17.44 WIB. 

Gempa pertama yang terjadi di Tanggamus dan sekitarnya berkekuatan Magnitude 4.8. BMKG menyebutkan pada gempa pertama terletak di lautan.

Pada gempa pertama, episenter terletak pada koordinat 6.33 LS dan 104.66 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 94 km Barat Daya Tanggamus, Lampung pada kedalaman 26 kilometer.

Gempa kedua terjadi Senin (12/4/2021) pukul 06.06 WIB. Lokasi gempa berada di 5,6 Lintang Selatan-104,58 Bujur Timur atau 17 km Barat Daya Tanggamus dengan kedalaman 3 km. 

Baca Juga: Ribuan Rumah Rusak Akibat Gempa di Malang

Pada gempa kedua terletak di pesisir Tanggamus. Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. 

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Liwa, Limau, Pematang Sawah dan Tanggamus dengan Skala Intensitas II MMI. Sejumlah laporan menyebutkan gempa ini juga terasa di Sukarame dan Labuhan Ratu, Bandar Lampung.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho menyebutkan, hingga pukul 18:08 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait