alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BPBD Pesisir Barat Siaga Gempa: Belum Ada Laporan Kerusakan

Wakos Reza Gautama Rabu, 27 Januari 2021 | 19:47 WIB

BPBD Pesisir Barat Siaga Gempa: Belum Ada Laporan Kerusakan
Lampung diguncang gempa tepatnya di Krui, Pesisir Barat. BPBD Pesisir Barat sedang siaga karena ada 3 gempa susulan

Kepala BPBD Pesisir Barat Syaifullah pihaknya siaga gempa karena sudah terjadi tiga kali gempa susulan

SuaraLampung.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Barat, Lampung siaga setelah terjadinya gempa bumi di Pesisir Barat, Lampung pada Rabu (27/1/2021) sekitar pukul 17.40 WIB.

Kepala BPBD Pesisir Barat Syaifullah pihaknya siaga gempa karena sudah terjadi tiga kali gempa susulan. Pihaknya juga sudah meminta camat dan peratin untuk waspada melalui group WA Forum Peduli Bencana KPB.

"Saat ini kami siaga karena sudah ada tiga kali gempa susulan," ujar Syaifullah saat dihubungi Suaralampung.id, Rabu (27/1/2021) malam.  Menurut Syaifullah, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan yang dialami warga. 

Syaifullah juga mengatakan bahwa belum ada warganya yang mengungsi akibat gempa. Gempa yang terjadi di laut 20 km Barat Laut Pesisir Barat-Lampung dengan kedalaman 10 km ini sempat membuat panik warga.

Baca Juga: Jarang Terjadi! 2 Gempa Terjadi Bersamaan Sore Ini, di Lampung dan Sulteng

Seperti yang dikatakan Elvin, warga Krui, Pesisir Barat. Saat gempa terjadi Elvin sedang berada di dalam mobil dalam perjalanan pulang sehabis kerja. 

"Saya liat orang-orang pada lari ke luar rumah dan berkumpul di jalan," ujar Elvin. Menurut Elvin saking kuatnya getaran gempa terasa sampai ada warga yang sedang mandi lari hanya mengenakan handuk. 

Aan, warga Krui, mengaku tidak merasakan getaran gempa karena sedang di dalam perjalanan menuju laut untuk memancing. Ia mengetahui adanya gempa saat melihat status WhatsApp teman-temannya. 

Akhirnya Aan mengurungkan niatnya untuk memancing. "Saya terpaksa balik lagi ga jadi mancing takut tsunami," bebernya.

Gempat tepatnya berlokasi di laut pada jarak 20 km arah Barat Kota Krui, Pesisir Barat. Gempa ini dirasakan di beberapa wilayah di Lampung seperti di Liwa, Tanggamus, Krui, Sekincau, Way Kanan, dan Lampung Barat. 

Baca Juga: Update Gempa Terkini, Lampung Diguncang Gempa Susulan 3,4 SR

Berdasarkan keterangan BMKG, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Aktif. Gempa ini juga tidak berpotensi tsunami. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait