alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pendaftaran Komcad bagi ASN Lampung Dibuka, Masih Sepi Peminat

Wakos Reza Gautama Selasa, 04 Januari 2022 | 18:45 WIB

Pendaftaran Komcad bagi ASN Lampung Dibuka, Masih Sepi Peminat
Ilustrasi Sekda Provinsi Lampung Fahrizal Darminto. Fahrizal mengatakan pihaknya sudah membuka pendaftaran komcad bagi ASN. [ANTARA]

pelatihan komponen cadangan atau komcad tersebut menjadi salah satu bentuk mendisiplinkan ASN.

SuaraLampung.id - Pemerintah Provinsi Lampung membuka pendaftaran pelatihan komponen cadangan (komcad) bagi para aparatur sipil negara (ASN). 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengatakan pelatihan komcad bagi ASN bersifat sukarela.

"Komponen cadangan ini merupakan amanat undang-undang dan semua ditanggung negara, tetapi berbeda dengan wajib militer karena ini bersifat sukarela," ujar Fahrizal Darminto, Selasa (4/1/2022) dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan pelatihan komponen cadangan tersebut menjadi salah satu bentuk mendisiplinkan ASN.

Baca Juga: Pemkot Metro Segera Bangun Mal Pelayanan Publik Tahun Ini

"Jadi komponen cadangan ini berbeda dengan wajib militer, sebab ini bentuknya hanya pelatihan. Ini juga dapat membangun rasa tanggung jawab dan disiplin bagi peserta yang ikut, salah satunya ASN," katanya.

Menurutnya, dari pelatihan ini selain membangun rasa tanggung jawab, dan disiplin, juga membangun wawasan kebangsaan serta melatih cara membangun komunikasi untuk menyatukan bangsa.

"Diharapkan dengan adanya pelatihan tersebut ASN ataupun profesi lainnya bisa lebih mendalami keahliannya untuk berperan mendukung pertahanan negara," ujarnya lagi.

Dia menyatakan saat ini di Lampung belum ada yang mendaftarkan diri, karena pendaftaran baru dibuka.

"Di Lampung belum ada yang mendaftar karena baru dibuka, tapi saat ini pendaftaran sedang dibuka jadi kalau ada yang mendaftarkan dipersilahkan," katanya pula.

Baca Juga: 2 Minimarket di Bandar Lampung Dibobol Maling, Pelaku Bawa Senjata Api

Sebelumnya, Menpan RB telah menerbitkan Surat Edaran Menpan RB No. 27/2021 yang membahas tentang Peran Serta Pegawai ASN sebagai Komponen Cadangan dalam Mendukung Upaya Pertahanan Negara. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait