facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemprov Lampung Salurkan KUR Senilai Rp186 Miliar ke Petani di Tahun 2021

Wakos Reza Gautama Rabu, 29 Desember 2021 | 11:47 WIB

Pemprov Lampung Salurkan KUR Senilai Rp186 Miliar ke Petani di Tahun 2021
Ilustrasi Petani. Pemprov Lampung salurkan KUR senilai Rp186 miliar ke petani. [pexels.com]

penyaluran KUR tersebut telah disalurkan kepada petani di 15 kabupaten dan kota di Lampung

SuaraLampung.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menyalurkan sebanyak Rp186 miliar Kredit Usaha Rakyat (KUR) bidang pertanian melalui program kartu tani. KUR senilai Rp186 miliar itu disalurkan ke 8.180 debitur petani di Lampung. 

Plt Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi mengatakan, penyaluran KUR tersebut telah disalurkan kepada petani di 15 kabupaten dan kota, serta daerah sentra pertanian.

"Daerah sentra pertanian sudah kita salurkan juga beserta daerah lainnya, ke depannya bantuan fisik akan dikurangi dan diganti dengan bantuan permodalan untuk meningkatkan produktivitas pertanian," katanya dikutip dari ANTARA.

Menurutnya, dengan kartu tani selain dapat kemudahan dalam pembiayaan melalui KUR, petani juga bisa mendapatkan benih dan pupuk dengan mudah.

Baca Juga: Satpol PP Dikerahkan Pantau Penggunaan PeduliLindungi di Area Publik di Lampung

"Ini untuk meningkatkan produktivitas pertanian Lampung selain KUR petani bisa juga dapat benih dan pupuk. Untuk pupuk bersubsidi sudah menyalurkan kepada 119.492 orang," katanya.

Ia mengatakan, dari jumlah petani yang terintegrasi dalam program kartu tani sebanyak 212.224 orang, telah ada pula yang terfasilitasi dalam program asuransi usaha tani padi (AUTP) dengan luasan lahan seluas 15.940,53 hektare.

"Sedangkan untuk KUR pertanian yang diberikan langsung oleh perbankan tidak melalui KPB realisasinya sudah mencapai Rp3,39 triliun. Serapannya merata di semua daerah," katanya.

Dia melanjutkan, bantuan pembiayaan melalui KUR pertanian di empat sektor pertanian tersebut diperoleh dari himpunan bank-bank milik negara (Himbara) dengan jumlah debitur sebanyak 123.494 orang.

"Adanya bantuan permodalan melalui KUR yang diberi langsung dari Himbara ataupun melalui KPB diharapkan petani dapat lebih mudah saat mengusahakan lahannya, untuk mencapai produktivitas yang semakin baik," ucapnya pula.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Pertanian, Pemprov Lampung Dorong Petani Pakai Teknologi Tepat Guna

Diketahui di Provinsi Lampung pada tahun 2019 memiliki luas lahan baku sawah mencapai 361.699 hektare, sedangkan 86.000 hektare diantaranya merupakan lahan rawa yang dapat digunakan sebagai lahan pertanian.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait