alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tim Distanak Bandar Lampung Periksa Kelayakan Hewan Kurban, Ini Hasilnya

Wakos Reza Gautama Sabtu, 17 Juli 2021 | 10:45 WIB

Tim Distanak Bandar Lampung Periksa Kelayakan Hewan Kurban, Ini Hasilnya
ILustrasi pemeriksaan hewan kurban. Tim Distanak Bandar Lampung cek kelayakan hewan kurban. [Antara/HO-Sudin Kominfotik Jakarta Selatan]

Tim Distanak Bandar Lampung memeriksa kesehatan hewan kurban.

SuaraLampung.id - Tim dari Dinas Pertanian dan Perternakan (Distanak) Kota Bandar Lampung sudah turun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Tim Distanak Bandar Lampung turun ke lapangan memeriksa kesehatan hewan kurban sejak Selasa (13/7/2021). 

Selama turun lapangan, tim Distanak Bandar Lampung belum menemukan hewan kurban yang memiliki penyakit.

"Tim memeriksa hewan kurban ke lapak-lapak penjualan yang ada di 20 kecamatan dan sampai sekarang belum ditemukan hewan kurban baik kambing maupun sapi yang berpenyakit," kata Kepala Distanak Kota Bandar Lampung, Agustini, Jumat (16/7/2021) dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: Penampakan Sapi Kurban Jokowi untuk Warga Riau, Segini Bobotnya

Saat mengecek kondisi hewan kurban, tim menemukan beberapa hewan kurban yang dijajakan tidak layak untuk dijadikan kurban.

Tim Distanak meminta kepada penjual untuk dipisahkan dan tak menawarkannya ke konsumen.

"Ada tiga ekor kambing yang kami temukan tanduknya cacat, kemudian kita minta dipisahkan dan tidak dijual ke pembeli, kalau berpenyakit sejauh ini belum ditemukan," kata dia.

Dia mengungkapkan bahwa pemeriksaan hewan kurban ini akan dilaksanakan sampai dengan pemotongan di tanggal 20 Juli guna menjamin daging kurban benar-benar aman dan bebas dari bakteri atau penyakit.

"Tim yang akan turun masih sama dengan yang melakukan tugas pemeriksaan kesehatan hewan sekarang. Jadi pemeriksaan sebelum dipotong biasanya dilakukan di masjid atau tempat pemotongan satu hari sebelumnya setelah hewannya sudah dikumpulkan atau tempat pemotongan kemudian kami juga melakukan pengecekan organ setelah dipotong," kata dia.

Baca Juga: Catat, 9 Titik Penyekatan di Kota Bandar Lampung

Dia meminta masyarakat agar memperhatikan kesehatan hewan kurban yang akan dibelinya. Ada beberapa ciri hewan itu sehat di antaranya aktif, nafsu makan baik, badan bersih, matanya mengkilap dan kelengkapan anggota tubuhnya normal.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait