alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Malah Untung, Pria Ini Ubah Warna Pertalite Mirip Premium Lalu Dijual ke Pasaran

Wakos Reza Gautama Selasa, 12 Oktober 2021 | 08:57 WIB

Malah Untung, Pria Ini Ubah Warna Pertalite Mirip Premium Lalu Dijual ke Pasaran
Pria ditangkap polisi karena ubah warna pertalite ke premium lalu ditangkap polisi di Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. [ANTARA]

Pertalite yang sudah diubah warnanya menyerupai premium itu lalu dijual ke masyarakat sebagai premium.

SuaraLampung.id - Seorang pria mengubah warna bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite menjadi warna kuning mirip premium

Pertalite yang sudah diubah warnanya menyerupai premium itu lalu dijual ke masyarakat sebagai premium. 

Yang menjadi pertanyaan mengapa pria inisial HS ini mengubah warna pertalite menyerupai premium lalu menjualnya ke pasaran sebagai premium sementara harga pertalite lebih mahal daripada premium?

Ternyata di daerah tempat HS tinggal di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, harga premium lebih mahal daripada pertalite di tingkat pedagang eceran. 

Baca Juga: Aneh, Pria Sampit Diciduk Polisi Gegara Ubah Warna BBM Pertalite Mirip Premium

Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jakin awalnya mengaku aneh dengan perilaku HS yang mengubah warna pertalite mirip premium lalu menjualnya sebagai premium. 

"Ini cukup aneh juga. Biasa itu kan kasusnya pengoplosan menyerupai BBM jenis yang lebih mahal seperti pertalite atau pertamax, ini justru pertalite dioplos sehingga warnanya mirip premium atau bensin. Hanya warnanya yang mirip, soal kandungannya, kami belum tahu karena itu perlu pengujian laboratorium," kata Abdoel Harris Jakin, Selasa (12/10/2021) dikutip dari ANTARA.

Jakin menjelaskan, kasus ini terungkap Jumat (8/10/2021) lalu berawal dari informasi masyarakat yang kemudian ditindaklanjuti oleh Polsek Ketapang.

Terduga HS tertangkap tangan sedang melaksanakan pengoplosan itu di rumah di Jalan Jembatan Kuning Gang Sabar Menanti Kelurahan Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Polisi mengamankan barang bukti berupa tandon air berkapasitas 1000 liter, 33 jeriken, timbangan, serbuk "bleaching earth terram" untuk pemutih, bahan bakar mirip premium serta barang bukti lainnya.

Baca Juga: REKOMENDASI Link Download MP3 Youtube 2021: GO-MP3 Hingga YTMP3

Dalam aksinya, HS menerima jasa mengoplos pertalite dengan memasukkannya serbuk "bleaching earth terram". Dari proses itu, pertalite yang semula berwarna hijau, berubah menjadi kuning sehingga mirip premium.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait