alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengalaman Sang Jenderal di KRI Nanggala-402, Salat Id di Dalam Laut

Wakos Reza Gautama Selasa, 04 Mei 2021 | 06:15 WIB

Pengalaman Sang Jenderal di KRI Nanggala-402, Salat Id di Dalam Laut
Ilustrasi KRL Nanggala 402 saat berlayar. Pengalaman awak KRI Nanggala-402 salat Id Idul Fitri di dalam laut. [bennyberry/dok]

elama 30 tahun jenderal bintang dua ini mengawaki KRI Nanggala-402.

SuaraLampung.id - Tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 menyisakan duka dan kenangan bagi Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda Iwan Isnurwanto. 

Laksda Iwan Isnurwanto adalah orang yang pernah menjadi bagian dari KRI Nanggala-402. Selama 30 tahun jenderal bintang dua ini mengawaki KRI Nanggala-402. 

Terhitung dari tahun 1990 hingga tahun 2002 Laksda Iwan Isnurwanto menjadi awak kapal selam KRI Nanggala-402. Sejak ia lulus dari Akademi Angkatan Laut, tugas pertamanya adalah di KRI Nanggala-402. 

Banyak pengalaman yang tidak terlupakan yang dialami Laskda Iwan Isnurwanto di KRI Nanggala-402. Iwan mengatakan, seluruh tempat di Indonesia sudah pernah disinggahi saat operasi bersama KRI Nanggala-402.

Baca Juga: Salat Id Ditiadakan, Masyarakat Masih Bisa Gelar Salat Tarawih di Masjid

"Tentunya banyak pengalaman itulah yang membesarkan kami untuk profesional mengawakinya," kata Laksda Iwan Isnurwanto dilansir dari YouTube Kompas TV.  

Untuk menjadi awak kapal selam, Iwan mengatakan pasukannya dilatih untuk bisa mengatasi semua permasalahan di kapal selam.

"Bagaimana cara mengatasi kedaruratan, bagaimana membawa kapal selam duduk di dasar laut," ujar mantan Komandan Seskoal ini.

Beberapa pengalaman yang tidak pernah ia lupakan saat salat Jumat di dasar laut. Saat itu KRI Nanggala-402 duduk di dasar laut. Lalu para awaknya melaksanakan salat Jumat.  

"Yang mungkin seluruh dunia tidak pernah melaksanakan (salat Jumat di dasar laut). Kami pernah melaksanakan," ujar Laksda Iwan Isnurwanto.

Baca Juga: Salat Id Berjamaah di Jawa Tengah, Hanya Boleh di Wilayah Hijau dan Kuning

Selain itu, Laksda Iwan dan para kru lainnya juga pernah melaksanakan salat Id Idul Fitri di dalam laut di kedalaman 30 meter.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait