facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Minat Masyarakat Bandar Lampung untuk Vaksin Booster Rendah, Pemkot akan Jemput Bola Door to Door

Wakos Reza Gautama Rabu, 06 Juli 2022 | 19:38 WIB

Minat Masyarakat Bandar Lampung untuk Vaksin Booster Rendah, Pemkot akan Jemput Bola Door to Door
Ilustrasi vaksin booster. Pemkot Bandar Lampung akan jemput bola door to door ke rumah warga untuk vaksinasi booster. [Foto: dok. BIN]

minat masyarakat Bandar Lampung untuk divaksinasi penguat COVID-19 memang rendah

SuaraLampung.id - Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana meminta petugas kesehatan menjemput bola secara door to door ke rumah warga untuk disuntikkan vaksinasi dosis penguat COVID-19 atau booster.

Eva Dwiana mengatakan, vaksinasi booster sangat penting, apalagi sejumlah daerah kembali PPKM level 2.

"Jadi kita akan jemput bola untuk menyuntikkan vaksinasi booster pada warga," kata Eva Dwiana di Bandar Lampung, Rabu (6/7/2022).

Selain itu, ia juga meminta kepada pamong ataupun ketua RT untuk mendata warganya yang baru divaksinasi dosis kedua dan belum mendapatkan vaksinasi penguat COVID-19.

Baca Juga: Cerita Ibu Gadis ABG yang Ditikam Perampok di Kamar Kos: Anak Saya Melawan

"Ketua RT saya juga minta tolong bujuk warganya agar mau divaksinasi penguat, bila memang tidak bisa lapor ke lurah atau puskesmas agar petugas yang datang untuk memberikan pengertian kepada warga," katanya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung Desti Mega Putri, mengakui bahwa minat masyarakat untuk divaksinasi penguat COVID-19 memang rendah, sehingga mempengaruhi capaian vaksinasi booster yang kecil di kota ini.

"Rendahnya capaian vaksinasi penguat di Bandar Lampung berkaitan dengan daya minat dari masyarakat yang juga rendah. Apalagi terjadi penurunan pengetatan pencegahan penularan COVID-19 pada beberapa bulan terakhir. Sehingga banyak masyarakat yang belum booster," kata dia.

Menurut dia, adanya kebijakan pemerintah pusat yang mewajibkan masyarakat untuk vaksinasi penguat guna mengakses layanan umum dapat mendongkrak capaian vaksinasi ketiga di kota ini.

"Karena memang sekarang masyarakat perlu asalan agar mau divaksinasi penguat. Dengan adanya vaksinasi sebagai syarat aktivitas masyarakat ini yang kami harapkan sehingga capaian vaksinasi ketiga COVID-19, di Bandarlampung juga bisa meningkat," katanya.

Baca Juga: Link Daftar Vaksin Booster Dimana? Kunjungi Situsnya untuk Syarat Perjalanan

Berdasarkan laman vaksin.kemkes.go.id, capaian vaksimasi penguat Kota Bandarlampung hingga Rabu (6/7) baru 196.278 orang atau 22,4 persen dari total target capaian.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait