facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Super Garuda Shield 2022, Aroma Persaingan Jenderal Andika vs Jenderal Dudung?

Wakos Reza Gautama Rabu, 18 Mei 2022 | 12:43 WIB

Super Garuda Shield 2022, Aroma Persaingan Jenderal Andika vs Jenderal Dudung?
Ilustrasi Jenderal Andika Perkasa dan Jenderal Dudung Abdurachman. [ANTARA]

Super Garuda Shield 2022 tercium aroma persaingan antara Jenderal Andika dengan Jenderal Dudung

SuaraLampung.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menggagas program latihan bersama (latma) Super Garuda Shield 2022. Program ini melibatkan tiga matra di TNI dan diikuti 10 negara. 

Di balik rencana program Super Garuda Shield 2022 yang digagas Jenderal Andika Perkasa tercium aroma persaingan antara Andika dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

Hal ini diulas pengamat militer Josef Herman Wenas dalam catatan intelijennya yang berjudul "Super Garuda Shield: Andika vs Dudung" yang dibacakan Andre Vincent Wenas di Channel YouTube Andre Vincent Wenas.

Dalam analisanya, Josef Herman Wenas memaparkan TNI Angkatan Darat memiliki program latma yang bernama Garuda Shield bekerja sama dengan United States Army Pacific (USARPAC). USARPAC adalah struktur Angkatan Darat AS di Pasifik.

Baca Juga: Jenderal Andika Perkasa Ungkap Penyebab Lamanya Penumpasan TPNPB-OPM di Papua

Menurut Josef Herman Wenas, program Garuda Shield berada di bawah tanggung jawab KSAD. Sesuai amanatnya menurut hukum KSAD melakukan fungsi pembinaan dan penyiapan pasukan. 

"Ini bukan urusan Panglima TNI yang urusannya adalah deployment dan penggerakan pasukan baik untuk operasi perang maupun non perang," kata Andre Vincent Wenas membacakan analisa Josef Herman Wenas. 

Sejauh ini sudah 15 kali diadakan program Garuda Shield antara TNI AD dengan USARPAC. Di masa Jenderal Andika Perkasa menjadi KSAD juga diadakan Garuda Shield 2021. 

Jenderal Andika memperbesar skalanya atau scalling up yang melibatkan 4500 pasukan AD kedua negara. Garuda Shield 2021 dilaksanakan di tiga lokasi berbeda yaitu di Puslatpur Kodiklat Baturaja, Daerah Latihan Amborawang Balikpapan dan di Makalisung, Manado.

"Scallling up ini membuat nama Jenderal Andika Perkasa harum di media terutama melalui strategi going viral di media sosial. Hasil akhirnya Garuda Shield 2021 sebagai kisah sukses Jenderal Andika sebagai KSAD," ucap Wenas.

Baca Juga: Singgung soal Medan, Andika Sebut Penumpasan OPM akan Berlangsung Jangka Panjang

Kini Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Jabatan KSAD diisi Jenderal Dudung. Struktur di tubuh TNI juga berubah. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait