facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dikawal dari Lampung hingga Palembang, Pemudik Diingatkan Waspada di Titik-Titik Rawan Begal

Tasmalinda Sabtu, 30 April 2022 | 03:05 WIB

Dikawal dari Lampung hingga Palembang, Pemudik Diingatkan Waspada di Titik-Titik Rawan Begal
Pengawalan pemudik oleh Polres Lampung Selatan [Suara.com/Agus Susanto]

Polres Lampung Selatan memberikan pengawalan pemudik hingga ke perbatasan Sumsel atau Sumsel.

SuaraLampung.id - Ratusan pemudik yang mengendarai sepeda motor, mendapat pengawalan dari anggota Polisi, Polres Lampung Selatan. Pengawalan dilakukan guna menjamin keselamatan pemudik dari kriminalitas seperti perampasan sepeda motor (begal).

Suara sirine dari dua unit sepeda motor Datasemen Pengawalan (Denwal), Polda Lampung memecah sunyi di jalan lintas Sumatera, tepatnya Desa Hatta, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Sesuai perintah Pak Kapolda, pemudik yang menggunakan sepeda motor, harus mendapat kenyamanan, terutama yang melintas malam hari," terang Kapolres Lampung Selatan, AKBP Edwin. Jumat (29/4/2022) malam.

Beberapa titik rawan yang perlu di antisipasi, di antaranya jalan lintas Sumatera Gunung Pancong, di mana jalan tersebut sepi dan minim penerangan.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Kabupaten Lampung Selatan Hari Ini, Sabtu 30 April 2022

Lokasi titik tersebut, rawan dengan kriminalitas. "Itu hanya salah satu titik rawan yang kami sebutkan, titik rawan lainnya kami lakukan sterilisasi dengan cara yang sama," kata AKBP Edwin, sebelum melepas pengawalan pemudik.

Pengawalan akan dilakukan hingga perbatasan Lampung, seperti Palembang namun caranya dilakukan secara estafet, yakni Kapolres di wilayah masing masing harus bertanggung jawab melakukan pengawalan.

Pemudik dengan menggunakan sepeda motor, Fikri (22) mengaku dirinya merasa nyaman jalan malam hari jika ada pengawalan, pria lajang itu merupakan kariyawan salah satu perusahaan kemasan di wilayah Tangerang.

"Dua tahun kemarin saya gak bisa mudik, setelah lebaran ini ada ijin mudik dari pemerintah, rasanya cukup bahagia bisa kumpul orang tua" ujar pemudik asal Kabupaten Mesuji itu.

Jika benar pengawalan dilakukan di sepanjang jalan jalur lintas nasional, maka Fikri mengaku akan terus melakukan perjalanan malam hari, sebab kondisi jalan lintas Sumatera tidak begitu ramai setelah adanya jalan tol Sumatera.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah Kota Bandar Lampung Hari Ini, Sabtu 30 April 2022

"Mayoritas pemudik yang menggunakan mobil lewat jalur tol, sehingga di jalan lintas Sumatera mayoritas sepeda motor dan tidak seramai sebelum adanya jalan tol".Katanya 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait