alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Pilih Vitamin C yang Aman bagi Lambung

Wakos Reza Gautama Kamis, 28 Oktober 2021 | 12:48 WIB

Tips Pilih Vitamin C yang Aman bagi Lambung
Ilustrasi vitamin C. Tips pilih vitamin C aman bagi lambung.

ada baiknya bagi masyarakat yang mengalami keluhan asam lambung bisa mencari vitamin C dengan formulabuffered

SuaraLampung.id - Ahli gizi Rita Ramayulis yang merupakan pengurus DPP Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) menjelaskan perlu pemahaman terlebih dahulu terkait keuntungan mengonsumsi vitamin C bagi tubuh manusia.

Setidaknya ada lima fungsi dari vitamin C saat dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh.

Pertama membantu sel darah putih (neutrofil) untuk berpindah ke jaringan yang terinfeksi sehingga jika terjadi infeksi tubuh bisa langsung mengatasi.

Lalu selanjutnya, mempercepat produksi sitokin sebagai bahan utama untuk mengobati tubuh yang terinfeksi.Ketiga mengaktivitasi kerja sel darah putih sehingga bisa mengusir bakteri yang menyebabkan tubuh jatuh sakit.

Baca Juga: Wajib Tahu, Begini Risikonya Jika Konsumsi Vitamin C Tidak Sesuai Takaran

Pada fungsi keempat dan kelima, vitamin C bisa mempercepat pertumbuhan jumlah sel B dan Sel T yang berfungsi melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

”Intinya di masa pandemi atau bukan, vitamin C berperan dalam pertahanan tubuh dan kita tidak boleh berada dalam kondisi defisiensi vitamin C,” ujar Rita dikutip dari ANTARA.

Meski peranannya penting, namun tak sedikit ada keluhan- keluhan yang timbul dari konsumsi vitamin C seperti gejala dan ketidaknyamanan lambung khususnya mereka yang memang memiliki gangguan asam lambung.

Untuk itu beberapa hal memang perlu diperhatikan dan dicermati agar konsumsi vitamin C anda tetap nyaman dan memiliki fungsi maksimal untuk menjaga imunitas tubuh.

Aman untuk lambung 

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Tak Sarankan Makanan Lunak saat Sakit Maag, Kenapa?

dr. Iwan Dermawan S. Ked., seorang tenaga kesehatan di kota Depok juga menemukan banyak pasien yang mengeluhkan lambungnya perih sesudah minum vitamin C, menunjukan gejala sendawa berkepanjangan atau gejala-gejala tidak nyaman lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait