alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Sunarti Mertua SBY, Setia Dampingi Sarwo Edhie Berjuang di Hutan

Wakos Reza Gautama Rabu, 22 September 2021 | 08:10 WIB

Kisah Sunarti Mertua SBY, Setia Dampingi Sarwo Edhie Berjuang di Hutan
Ilustrasi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersama ibu mertuanya, almarhumah Hj. Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sunarto, beserta anak dan cucunya berfoto bersama. [Instagram@agusyudhoyono]

Sunarti Sri Hadiyah adalah ibu dari Ani Yudhoyono, istri SBY.

SuaraLampung.id - Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berduka. Ibu mertuanya Sunarti Sri Hadiyah meninggal dunia pada Senin (20/9/2021). 

Sunarti Sri Hadiyah adalah ibu dari Ani Yudhoyono, istri SBY. Sunarti meninggal dunia di usia 91 tahun. Jenazah Sunarti dimakamkan di makam keluarga di Kampung Ngupasan, Kelurahan Pangenjurutengah, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Makam Sunarti persis berada di samping makam sang suami Sarwo Edhie Wibowo. SBY mengucapkan terima kasih kepada handai taulan yang meluangkan waktu menghadiri pemakaman ibu mertuanya. 

Sunarti adalah istri seorang pejuang Sarwo Edhie Wibowo. Pertemuan keduanya berlangsung tak sengaja.

Baca Juga: CEK FAKTA: KPK Gerak Cepat Geledah Rumah SBY dan Temukan Rp 117 Triliun, Benarkah?

Dikutip dari Buku "Kebenaran di Atas Jalan Tuhan" pada tahun 1945, Sarwo Edhie tinggal di asrama tentara di Magelang. 

Di sana ia bersahabat dengan tentara bernama Sudarto. Mereka berbeda batalion. Namun karena sering bertemu, Sarwo dan Sudarto menjadi akrab. 

Sarwo Edhie dan istri Sunarti beserta anak-anaknya. [Repro Buku Ani Yudhoyono Kepak Sayap Putri Prajurit]
Sarwo Edhie dan istri Sunarti beserta anak-anaknya. [Repro Buku Ani Yudhoyono Kepak Sayap Putri Prajurit]

Sebagai lajang, Sarwo dan Sudarto sering bersaing dengan tebar pesona kepada setiap wanita yang melintas asrama tempat mereka tinggal. Hingga pada suatu sore, Sarwo Edhie dan Sudarto nonkrong di asrama. Lewatlah seorang gadis manis. 

Sarwo dan gadis itu beradu pandang dan saling melempar senyum. Jantung Sarwo Edhie berdegup kencang. Ia terpesona kecantikan gadis tersebut. 

Berbeda dengan Sarwo, Sudarto malah terlihat tegang. Tidak seperti biasanya Sudarto terlihat seperti itu saat melihat wanita cantik lewat. 

Baca Juga: Jenazah Mertua SBY Akan Dikebumikan di Makam Keluarga di Purworejo

Penasaran, Sarwo Edhie menanyakan mengapa Sudarto diam saja melihat wanita cantik lewat. Ternyata gadis itu adalah Sunarti yang merupakan adik sahabatnya sendiri Sudarto.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait