facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Temuan PBB Jurnalis Shireen Abu Akleh Tewas Ditembak Israel, Ini Kronologinya

Wakos Reza Gautama Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:20 WIB

Temuan PBB Jurnalis Shireen Abu Akleh Tewas Ditembak Israel, Ini Kronologinya
Seniman Jaber Abbas, 35 tahun, memberikan sentuhan terakhir pada mural yang dilukisnya sebagai penghormatan kepada jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh, yang ditembak mati dalam serbuan militer Israel di wilayah pendudukan Tepi Barat, di Nazareth, Israel, Senin (16/5/2022). PBB menyatakan Shireen Abu Akleh tewas ditembak Israel. [ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad/FOC/djo]

PBB membantah klaim Israel yang menyatakan Shireen Abu Akleh tewas akibat tembakan Palestina.

SuaraLampung.id - Kantor Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh, tewas ditembak pasukan keamanan Israel

Juru bicara Kantor HAM PBB Ravina Shamdasani mengatakan, temuan ini sekaligus membantah klaim Israel yang menyatakan Shireen Abu Akleh tewas akibat tembakan sembarangan warga Palestina

Menurut Ravina Shamdasani, kesimpulan ini didapat setelah pihaknya mengumpulkan informasi resmi dari militer Israel dan Jaksa Agung Palestina.

Dia mengatakan PBB telah memeriksa materi foto, video, dan audio serta mengunjungi tempat kejadian, berkonsultasi dengan para ahli, meninjau komunikasi resmi, dan mewawancarai para saksi.

Baca Juga: Korban Gempa Afghanistan Bertambah, PBB Kirim Ratusan Tenda dan Ribuan Lampu Surya

"Tembakan yang menewaskan Abu Akleh dan melukai rekannya Ali Sammoudi berasal dari Pasukan Keamanan Israel dan bukan dari tembakan sembarangan oleh warga Palestina yang bersenjata, seperti yang awalnya diklaim oleh otoritas Israel," ujar dia saat konferensi pers di Jenewa, Swiss, Jumat (23/6/2022).

"Sangat menggelisahkan bahwa pihak berwenang Israel tidak melakukan penyelidikan kriminal," kata Shamdasani.

"Temuan kami menunjukkan bahwa tidak ada peringatan yang dikeluarkan dan tidak ada penembakan yang terjadi pada waktu itu dan di lokasi itu," kata Shamdasani.

"Sekitar pukul 06.30, ketika empat wartawan berbelok ke jalan menuju kamp, mengenakan helm antipeluru dan jaket antipeluru dengan tanda 'PRESS', beberapa peluru tunggal ditembakkan ke mereka dari arah tentara Pasukan Keamanan Israel," ujar dia, melanjutkan.

"Satu peluru melukai Ali Sammoudi di bahu, satu peluru lagi mengenai kepala Abu Akleh dan membunuhnya seketika."

Baca Juga: Sebut Taliban Tolak Dana Kiriman, PBB Akui Kesulitan Beri Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Pejabat Israel dan Palestina saling menuduh atas insiden yang juga menyebabkan kekacauan di pemakaman Abu Akleh ketika polisi-polisi Israel menyerang para pelayat yang hadir.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait