facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hati-hati Suhu Panas di Tanah Suci saat Ibadah Haji Capai 49 Derajat Celcius

Wakos Reza Gautama Sabtu, 21 Mei 2022 | 15:03 WIB

Hati-hati Suhu Panas di Tanah Suci saat Ibadah Haji Capai 49 Derajat Celcius
Ilustrasi ibadah haji saat wukuf di Padang Arafah, Mekah, Arab Saudi. Hati-hati suhu panas saat ibadah haji di Tanah suci. [AFP/Photo]

puncak pelaksanaan ibadah haji suhu udara di Tanah Suci diprakirakan mencapai 49 derajat Celsius

SuaraLampung.id - Jamaah haji Indonesia diminta mengantisipasi efek cuaca panas di Tanah Suci pada masa pelaksanaan ibadah haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Kepala Sub-direktorat Bina Petugas Haji Kementerian Agama Suvianto mengatakan bahwa pada puncak pelaksanaan ibadah haji suhu udara di Tanah Suci diprakirakan mencapai 48 sampai 49 derajat Celsius.

Karenanya kata dia jamaah haji perlu menjaga kondisi tubuh dengan mengatur aktivitas dan memperhatikan konsumsi air minum.

"Perlu diketahui juga puncak ibadah bulan Juli, musim panas, jangan terlalu banyak aktivitas, karena ada puncak ibadah. Jangan banyak aktivitas di luar, banyak air minum," katanya, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga: Masuk Asrama14 Juni2022, Kemenag: Embarkasi Batam Siap Layani 5.371 Jemaah Haji

Selain mengatur aktivitas, ia mengatakan, anggota jamaah haji disarankan menerapkan pola hidup sehat agar tubuh tetap bugar sebelum puncak ibadah haji, wukuf di Arafah.

Kementerian Kesehatan mencatat angka kematian jamaah haji Indonesia dalam 10 tahun terakhir tercatat dua orang per mil atau per seribu dan kelelahan termasuk salah satu faktor yang menyebabkan kematian anggota jamaah haji.

Oleh karena itu, anggota jamaah haji diimbau memperhatikan kondisi tubuh selama menunaikan ibadah di Tanah Suci agar tidak sampai kelelahan dan jatuh sakit.

Pemerintah Indonesia mendapat kuota memberangkatkan 100.051 orang ke Tanah Suci di Arab Saudi pada musim haji 2022.

Kuota jamaah haji tahun 2022 mencakup 92.825 orang anggota jamaah haji reguler, 7.226 orang anggota jamaah haji khusus, dan 1.901 orang petugas.

Baca Juga: Indonesia Jadi Negara dengan Pengirim Jamaah Haji Terbanyak di Dunia ke Arab Saudi

Jamaah haji dalam kelompok terbang pertama menurut jadwal diberangkatkan ke Kota Madinah di Arab Saudi pada 4 Juni 2022. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait