facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Cara Jitu Bikin Anak Suka Makan Sayuran

Wakos Reza Gautama Selasa, 07 Desember 2021 | 10:21 WIB

4 Cara Jitu Bikin Anak Suka Makan Sayuran
Ilustrasi sayuran brokoli. Cara bikin anak suka makan sayuran. [Shutterstock]

Jika disiasati dengan cara yang tepat, anak akan suka dengan makanan olahan sayur yang menyehatkan.

SuaraLampung.id - Sejumlah anak biasanya tidak suka makan sayuran. Salah satu penyebabnya adalah rasa sayuran yang sedikit pahit. Sementara anak-anak menyukai makanan manis. 

Padahal sayuran sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Sebagian orang tua mengaku kesulitan untuk membiasakan anaknya mengonsumsi sayur. 

Jika disiasati dengan cara yang tepat, anak akan suka dengan makanan olahan sayur yang menyehatkan.

"Mendidik anak untuk terbiasa makan sayur memang tidak mudah bagi sebagian orang. Sebagai orang tua, kita perlu menyiasati sayur dengan semenarik mungkin agar makan sayur terasa nikmat," kata CEO Mamang Sayur, Havid M, dalam siaran resmi, Selasa.

Baca Juga: Kisah Pilu Ibu dan Anak Ditemukan Tewas Berpelukan, Tak Tega Lari Saat Letusan Semeru

Havid memberikan beberapa kiat menerapkan kebiasaan makan sayur untuk anak yang bisa Anda terapkan.

1. Membuat jus sayur dengan tambahan buah

Dengan membuat sayur menjadi jus, sayur akan semakin mudah untuk dikonsumsi. Berbagai pilihan sayuran yang dapat dijadikan jus meliputi brokoli, bit, wortel, seledri, bayam, dan kale. Agar semakin nikmat, Anda dapat mengombinasikan sayur dengan buah yang kaya akan protein atau yoghurt. Campurkan dengan buah yang memiliki rasa manis agar rasa pahit dari sayur tidak begitu terasa, salah satunya adalah kombinasi antara pisang dan brokoli.

2. Memberi apresiasi untuk anak yang memakan sayur

Tidak kalah penting, berikan apresiasi dalam bentuk pujian atau hadiah setiap kali anak sudah mengonsumsi atau menghabiskan sayur. Hal ini akan membuat anak semakin bersemangat untuk makan sayur. Anda juga bisa sesekali memberikan anak hadiah agar lebih termotivasi. Mereka akan terbiasa makan sayur secara perlahan sejak dini, bahkan bisa menjadikan sayur sebagai makanan favoritnya. Perlu diingat, jangan berikan makanan tidak sehat sebagai bentuk apresiasi untuk anak.

Baca Juga: Wagub Riza Minta Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Segera Digelar, Antisipasi Omicron

3. Berkreasi dengan sayur semenarik mungkin

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait