alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kawasan Hutan Taman Nasional Way Kambas TNWK Kebakaran

Wakos Reza Gautama Rabu, 01 Desember 2021 | 21:49 WIB

Kawasan Hutan Taman Nasional Way Kambas TNWK Kebakaran
Kebakaran di hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung Timur, Rabu (1/12/2021) malam. [Suaralampung.id/Agus Susanto]

Kobaran api merangsek semak alang alang dan beberapa jenis tanaman lainnya di TNWK.

SuaraLampung.id - Kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) wilayah Seksi II, mengalami kebakaran Rabu (1/1/2021) sore. Api diketahui dengan cepat menjalar, karena angin kencang.

Kobaran api merangsek semak alang alang dan beberapa jenis tanaman lainnya di TNWK. Hingga pukul 21.30 api belum juga bisa dipadamkan.

"Sampai malam ini 21.30 belum padam. Kami masih fokus memadamkan. Kalau data luasan belum bisa kami hitung," kata Kepala Tata Usaha (TU) Balai TNWK, Hermawan.

Peralatan yang dikerahkan untuk memadamkan api yakni, tiga unit mobil pemadam kapasitas 5 ribu liter dan beberapa alat manual seperti tangki gendong. Sementara yang turut memadamkan yakni anggota Polhut dan beberapa mitra konservasi TNWK.

Baca Juga: Disdikbud Lampung Janji Gratiskan Pemakaian Taman Budaya Lampung bagi Seniman

Terkait dengan penyebab kebakaran, kata Hermawan masih persoalan klasik yakni orang yang tidak bertanggung jawab masuk dalam hutan dengan kegiatan ilegal, bisa ilegal fishing atau pelaku pemburu yang sengaja membakar untuk kepentingan tertentu.

"Kalau penyebab dari dulu orang yang tidak bertanggung jawab masuk dalam kawasan hutan Konservasi," ujar Hermawan.

Hermawan mengakui memang yang terbakar lokasi semak-semak seperti alang alang dan tanaman lainnya. Namun jika tidak diantisipasi dengan cepat bisa merambah ke tengah hutan dan membahayakan satwa yang ada didalamnya. Kalau hal ini terjadi, kata Hermawan, merusak ekosistem hutan.

Kontributor: Agus Susanto

Baca Juga: Bocah Asal Lampung Kalahkan Nilai Tertinggi Atlet Menembak Peraih Emas Sea Games 2019

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait