alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Langgar Perda, Pemilik Tambak Udang DI Pesisir Barat Tolak Disegel

Wakos Reza Gautama Sabtu, 27 November 2021 | 11:42 WIB

Langgar Perda, Pemilik Tambak Udang DI Pesisir Barat Tolak Disegel
Aparat Pemkab Pesisir Barat menyegel tambak udang melanggar perda. [Lampungpro.co]

Tiga tambak udang itu disegel karena dinilai melanggar Perda RTRW Pesisir Barat

SuaraLampung.id - Tiga tambak udang di Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, disegel petugas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat.

Tiga tambak udang itu disegel karena dinilai melanggar Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Pesisir Barat. 

Dalam Perda diatur perusahaan tambak udang hanya boleh beroperasi di dua wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Bangkunat dan Kecamatan Ngaras.

Plt. Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Pesisir Barat Cahyadi Moeis mengatakan penyegelan tambak udang ini merupakan tahap kedua terhadap tambak udang ilegal di wilayah setempat. 

Baca Juga: Ditinggal Ayahnya Garap Sawah, Bocah 2 Tahun Ditemukan Tewas Tenggelam di Tambak Udang

Sebelumnya pihaknya juga menyegel tiga tambak udang di Kecamatan Lemong, sehingga total ada enam tambak udang ilegal yang disegel hingga saat ini.

"Penyegelan terhadap tiga tambak udang ilegal ini merupakan penyegelan lanjutan di Kecamatan Lemong, karena hingga saat ini tambak udang tersebut masih beroperasi meskipun diberi teguran," kata Cahyadi Moeis, Kamis (25/11/2021) dikutip dari Lampungpro.co--jaringan Suara.com. 

Tiga tambak yang disegel tersebut dua di antaranya tidak beroperasi lagi sejak Maret lalu. Sedangkan satu lagi hingga saat ini masih beroperasi.

Tambak udang ilegal yang tidak beroperasi yaitu tambak udang Andi Handoyo Farm di Pekon Biha, dan tambak udang L. Hendra Raharja Farm. Sedangkan tambak udang Johan Farm di Pekon Way Jambu saat ini masih beroperasi. "Kami sudah lakukan penyegelan," ujar Cahyadi.  

Penyegelan tersebut sebagai upaya penegakan Perda Nomor 8 Tahun 2017 tentang RTRW Kabupaten Pesibar 2017-2037, Perda Kabupaten Pesisir Barat Nomor 01 tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung, dan Peraturan Bupati Pesisir Barat Nomor 44 Tahun 2018. 

Baca Juga: Ikatan Petambak Protes Penyegelan Tiga Tambak Udang di Pesisir Barat

Di sisi lain, menurut pengelola tambak udang Handoyo Farm, Hendri, pihaknya mendukung penuh kebijakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait