alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Dugaan Penyebab Ikan Hiu Paus Terjerat Jaring Nelayan di Pantai Sukaraja

Wakos Reza Gautama Kamis, 25 November 2021 | 15:43 WIB

Ini Dugaan Penyebab Ikan Hiu Paus Terjerat Jaring Nelayan di Pantai Sukaraja
ikan hiu paus terjerat jaring nelayan di Pantai Sukaraja, Bandar Lampung. BKSDA ungkap dua penyebab ikan hiu paus terjerat jaring nelayan di Pantai Sukaraja, Bandar Lampung. [ANTARA]

penyebab yang membuat ikan hius paus terjerat jaring nelayan di Pantai Sukaraja, Bandar Lampung.

SuaraLampung.id - Dalam dua hari terakhir, sebanyak 4 ekor ikan hiu paus terjerat jaring nelayan di Pantai Sukaraja, Bandar Lampung.

Ada kemungkinan dua penyebab yang membuat ikan hius paus terjerat jaring nelayan di Pantai Sukaraja, Bandar Lampung. 

Penyebab pertama ikan hiu paus terjerat jaring nelayan ialah karena ikan hiu paus mencari makan.  

"Ada dua kemungkinan. Pertama ikan hiu bisa sampai ke laut dangkal mungkin karena mencari makan atau mengejar mangsanya hingga ke sini," kata Humas Seksi Konservasi Wilayah III Lampung BKSDA Bengkulu, Irhamuddin, Kamis (25/11/2021) dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: Bocah 6 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Renang Pratama, Polisi Periksa 4 Saksi

Payang merupakan alat penangkap ikan berupa pukat kantong untuk menangkap gerombolan ikan permukaan.

Kemudian, ia mengatakan kemungkinan besar lainnya adalah karena suhu dingin di perairan laut dalam, sehingga ikan hiu ini muncul ke permukaan mencari suhu yang lebih hangat.

Selain itu, bisa jadi juga hiu-hiu ini sedang melakukan migrasi dengan kelompoknya kemudian hilang navigasi sehingga membingungkan mereka ketika keluar dari kelompoknya.

"Sebenarnya ada kemungkinan lainnya, seperti kondisi hiu paus yang sakit dan tua, tapi ini jauh dari itu sebab secara kasat mata, saya melihat ikan-ikan ini sehat," kata dia.

Terkait apakah laut Sukaraja merupakan habitat dari hiu paus ini, ia belum bisa memastikan sebab tidak ada penelitian dan data-data mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Lagi, 3 Ekor Ikan Hiu Tutul Tertangkap Jaring Nelayan di Pantai Sukaraja

"Kami belum tau soal apakah ini habitat mereka atau bukan, tapi bisa jadi ini adalah imigran dari satuan hiu-hiu paus untuk berpindah tempat," kata dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait