alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pasien COVID-19 di Lampung Diminta Jalani Isolasi di Tempat Isolasi Terpusat

Wakos Reza Gautama Jum'at, 10 September 2021 | 13:08 WIB

Pasien COVID-19 di Lampung Diminta Jalani Isolasi di Tempat Isolasi Terpusat
Ilustrasi KM Lawit tempat isolasi terapung bagi pasien COVID-19. Pemerintah Provinsi Lampung mengimbau pasien COVID-19 untuk menjalani isolasi di tempat isolasi terpusat.[ANTARA]

Salah satu tempat isolasi terpusat bagi pasien COVID-19 yang disediakan Pemerintah Provinsi Lampung adalah KM Lawit.

SuaraLampung.id - Bagi pasien COVID-19 asal Lampung yang sedang menjalani isolasi mandiri diminta untuk melakukan isolasi di sejumlah tempat isolasi terpusat (isoter) yang disediakan.

Salah satu tempat isolasi terpusat bagi pasien COVID-19 yang disediakan Pemerintah Provinsi Lampung adalah KM Lawit.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana mengatakan, sudah ada imbauan yang diberikan kepada kabupaten dan kota untuk membawa warganya yang menjalani isolasi mandiri ke isolasi terpusat.

Ia mengatakan dipindahkannya warga yang menjalani isolasi mandiri ke isolasi terpusat agar perkembangan kesehatan warga terpapar COVID-19 dapat terpantau dengan baik.

Baca Juga: Cegah Kebakaran, Ditjen Pemasyarakatan Beri APAR ke Rutan Bandar Lampung

"Kalau di isolasi terpusat sudah ada tenaga kesehatan yang berjaga, jadi perkembangan warga yang terpapar COVID-19 bisa terpantau dan bisa mendapatkan penanganan dengan baik," katanya, Jumat (10//9/2021) dikutip dari ANTARA.

Dia menjelaskan dalam upaya membujuk warga yang terpapar COVID-19 agar bersedia di bawa ke isolasi terpusat peran Puskesmas untuk mencatat dan mengarahkan warga sangatlah besar.

"Kunci utama di Puskesmas karena yang dekat dengan warga, mereka memiliki peranan penting untuk memberi info serta mengarahkan warga yang sedang isoman," ucapnya.

Menurutnya, tempat isolasi terpusat tidak hanya disediakan bagi warga yang terpapar dengan gejala berat namun juga diperuntukkan untuk warga yang rumahnya tidak memungkinkan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri.

"Di sejumlah daerah telah disediakan isoter seperti Kabupaten Lampung Selatan menyediakan rusunawa, Pringsewu ada tempat khusus juga, lalu ada KM Lawit, dan banyak lagi tempat yang sudah disediakan untuk ini," ujarnya lagi.

Baca Juga: Ini 3 Subsektor Andalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Lampung

Reihana melanjutkan saat ini pihaknya juga tengah bekerja sama dengan TNI/Polri melalui aplikasi 'Si Lacak' untuk mengidentifikasi warga yang masih melakukan isolasi mandiri.

Optimalisasi penggunaan tempat isolasi terpusat di Lampung juga telah diperintahkan secara langsung oleh Presiden Jokowi dalam kunjungan ke Lampung beberapa lalu.

Optimalisasi isoter tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko kematian akibat COVID-19 serta mencegah adanya penyebaran virus Corona antaranggota keluarga. (ANTARA)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait