alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Temukan Kejanggalan Data Kematian Harian Covid-19 di Lampung, Tim KSP Akan Lapor Moeldoko

Wakos Reza Gautama Sabtu, 28 Agustus 2021 | 14:21 WIB

Temukan Kejanggalan Data Kematian Harian Covid-19 di Lampung, Tim KSP Akan Lapor Moeldoko
ILustrasi Kasus kematian akibat Covid-19. Tim KSP temukan kejanggalan data kematian harian Covid-19 di Lampung. [Foto: Antara]

data kasus kematian harian Covid-19 di Lampung berbeda jauh dengan data Kementerian Kesehatan

SuaraLampung.id - Tim Kantor Staf Presiden (KSP) menemukan kejanggalan pada data kasus kematian harian COVID-19 di Provinsi Lampung

Berdasarkan data Kemenkes RI, Lampung menjadi daerah dengan tingkat kematian Covid-19 paling tinggi di Indonesia sepanjang 2021. Namun, data di daerah menunjukkan fakta yang sebaliknya.

Misalnya, data nasional per 27 Juli 2021 menyebutkan angka kematian Covid-19 di Lampung sebanyak 255 kasus. Namun per tanggal yang sama, Dinas Kesehatan Provinsi Lampung melaporkan 52 kasus kematian saja.

Guna memastikan hal ini, tim KSP meninjau langsung ke beberapa lokasi di Provinsi Lampung untuk menindaklanjuti permasalahan perbedaan data kasus kematian harian di wilayah tersebut.

Baca Juga: Siapa Yahya Waloni? Profil Penceramah Kontroversial yang Menistakan Agama

Hal tersebut menyusul adanya perbedaan mencolok antara data kasus kematian harian akibat Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di daerah atau provinsi masih menjadi persoalan yang menghambat penanganan Covid-19.

Tim KSP melakukan peninjauan langsung ke TPU Kebun Jahe, Bandar Lampung, pada Kamis (26/8/2021) untuk mempelajari isu perbedaan data kasus kematian harian akibat Covid-19 di lapangan. [Tim KSP]
Tim KSP melakukan peninjauan langsung ke TPU Kebun Jahe, Bandar Lampung, pada Kamis (26/8/2021) untuk mempelajari isu perbedaan data kasus kematian harian akibat Covid-19 di lapangan. [Tim KSP]

Selain berdialog dengan para nakes di Puskesmas dan Rumah Sakit, tim KSP juga melakukan peninjauan langsung ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kebun Jahe di Kota Bandar Lampung.

Berdasarkan laporan dari penggali makam TPU Kebun Jahe, sejak awal pandemi hingga sekarang, setidaknya terdapat sekitar 40 jenazah yang dimakamkan dengan protokol Covid-19 di TPU ini.

Salah satu penggali makam TPU Kebun Jahe, Anto mengatakan, sebelum masa pandemi hanya ada sekitar satu atau dua jenazah saja yang dimakamkan dalam kurun waktu satu bulan.

Dalam kurun Juni-Juli ketika jumlah kasus Covid-19 meroket, Anto pernah memakamkan hingga 5 jenazah per hari. Namun di bulan Agustus, rata-rata Ia hanya memroses satu jenazah per minggu. 

Baca Juga: Indonesia Tempati Peringkat ke-4 Dunia Soal Vaksinasi, Jokowi: Enggak Jelek-jelek Amat Sih

Walaupun ada peningkatan jumlah proses pemakaman jenazah, tim KSP tidak menemukan antrian proses pemakaman.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait