facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Asal Usul Nama Lampung, Yay Atu Wajib Tahu!

Wakos Reza Gautama Minggu, 04 Juli 2021 | 09:35 WIB

Asal Usul Nama Lampung, Yay Atu Wajib Tahu!
Menara Siger Lampung. [djkn.kemenkeu.go.id]

Sebagai penduduk Lampung, wajib tahu asal usul nama Lampung itu sendiri.

SuaraLampung.id - Tahukah anda asal usul nama Lampung pada Provinsi Lampung? Provinsi Lampung adalah provinsi paling selatan Pulau Sumatera. Lampung berbatasan langsung dengan Pulau Jawa yang dipisahkan Selat Sunda. 

Sebagai penduduk Lampung, wajib tahu asal usul nama Lampung itu sendiri. Ini penting agar penduduk Lampung tahu mengenai sejarah daerahnya sendiri. 

Ada tiga teori mengenai asal usul nama Lampung sebagaimana dikutip dari Buku berjudul 'Sejarah Daerah Lampung' terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Provinsi Lampung tahun 1997/1998.

Teori pertama asal usul nama Lampung berasal dari catatan/anal musafir China yang pernah mengunjungi Indonesia pada abad ke-7. Dia adalah I Tsing. 

Baca Juga: Vaksinasi Massal Timbulkan Kerumunan, Gubernur Lampung: Taati Prokes

Dalam catatan itu selain Ki li pi-ce, Mo-ho-sin, juga disebutkan Telang, Po-hwang. Telang, Po-hwang merupakan kata yang ditranskripkan menjadi Tulangbawang. 

Teori menarik dikemukakan Hilaman Hadikesuma, dosen Fakultas Hukum Universitas Lampung. Dalam seminar sejarah Lampung tahun 1976, Hilaman mengemukakan hal sebagai berikut:

Kata To-lang Po-hwang dapat dieja atas kata To yang berarti dalam bahasa Toraja, sedangkan lang-po-hwang adalah kepanjangan dari kata Lampung. 

Teori lain mengenai asal usul nama Lampung berasal dari legenda. Di dalam buku karangan Dr R Broesma berjudul 'De Lampongsche Districten' tahun 1916, ditulis bahwa Residen Lampung yang pertama adalah JA du Bois.

JA du Bois pernah membaca buku berjudul 'Sejarah Majapahit' milik orang Indonesia di Telukbetung yang disimpan sebagai azimat. 

Baca Juga: Sejarah Bakso Sony di Lampung, Beli Mesin dari Jerman Seharga Rp2 Miliar

Dalam buku itu diterangkan bahwa Tuhan menurunkan orang pertama ke bumi bernama Sang Dewa Senembahan dan Widodari Semuhun. 

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait