facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ibu Hamil dan Anak di Lampung akan Divaksin COVID-19

Wakos Reza Gautama Jum'at, 02 Juli 2021 | 14:22 WIB

Ibu Hamil dan Anak di Lampung akan Divaksin COVID-19
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Ibu hamil dan anak di Lampung akan divaksin COVID-19. (SuaraJogja.id/HO-RSUD Sleman)

vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan anak di Lampung masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat.

SuaraLampung.id - Ibu hamil dan anak masuk dalam kelompok rentan terpapar COVID-19. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung segera melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan anak.

Untuk waktu pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan anak di Lampung masih menunggu arahan dari Pemerintah Pusat. 

"Akan segera dilaksanakan untuk vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan anak, setelah resmi diluncurkan oleh pemerintah pusat," ujar Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana, Jumat (2/7/2021) dilansir dari ANTARA.

Ia mengatakan untuk pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil dan anak usia 12 hingga 17 tahun tersebut hingga saat ini masih menunggu ketersediaan kategorisasi dalam sistem Primary Care.

Baca Juga: Naik Bus AKAP di Masa PPKM Darurat? Mesti Bisa Tunjukkan Kartu Vaksinasi Covid-19

"Kolom kategori ibu hamil dan anak dalam Primary Care belum ada, ini digunakan untuk melakukan input data sasaran vaksinasi sehingga kita masih menunggu, bila sudah tersedia akan segera dilaksanakan," katanya.

Menurutnya, dalam pelaksanaan vaksinasi ibu hamil dan anak usia 12 hingga 17 tahun yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat tidak memiliki perbedaan yang cukup banyak.

"Tidak ada perbedaan dengan vaksinasi bagi lansia ataupun pelayanan publik, pertanyaan screening kesehatan, pemeriksaan kesehatan, persyaratan membawa KTP ataupun Kartu Keluarga, hingga observasi antisipasi kejadian ikutan paska imunisasi pun sama," ucapnya.

Dia menjelaskan diharapkan dengan adanya vaksinasi tersebut dapat membantu membentuk imunitas tubuh yang baik bagi ibu hamil dan anak.

"Vaksinasi ini diharapkan dapat membentuk imunitas tubuh, namun protokol kesehatan pun harus diterapkan. Untuk mempercepat progres vaksinasi pada Sabtu (3/7/2021) pun akan dilakukan vaksinasi massal bagi masyarakat," ujarnya lagi.

Baca Juga: Sumber Air Panas di Jati Agung Lampung Selatan Ditutup Sementara

Reihana mengatakan dalam vaksinasi massal tersebut diperkirakan akan menyediakan 3.000 dosis vaksin COVID-19 bagi vaksinasi masyarakat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait