alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Amalan Sunah Sebelum Menunaikan Salat Id

Wakos Reza Gautama Rabu, 12 Mei 2021 | 05:15 WIB

5 Amalan Sunah Sebelum Menunaikan Salat Id
Ilustrasi salat Id berjamaah di Masjid. 5 Amalan sunah sebelum menunaikan salat Id. [Foto: Antara]

Sebelum melakukan salat Id, ada baiknya Anda melakukan 5 amalan sunah

SuaraLampung.id - Pemerintah telah menetapkan Idul Fitri jatuh pada hari Kamis (13/5/2021). Di Hari Raya Idul Fitri, umat Islam disunahkan menjalankan ibadah salat id.

Salat id biasanya digelar secara berjemaah di masjid atau di lapangan. Namun karena situasi saat ini masih pandemi Covid-19, pemerintah menganjurkan salat Id dikerjakan di rumah masing-masing.

Sebelum melakukan salat Id, ada baiknya Anda melakukan 5 amalan sunah yang sesuai dengan ajaran Nabi Muhamad SAW.

Mengutip laman Islami.co, berikut ini 5 amalan sunah yang biasa dilakukan sebelum salat Id.

Baca Juga: BMKG: Informasi Potensi Idul Fitri di 12 Mei Adalah Hoaks

1. Mandi sebelum salat Id
Disuahkan untuk mandi sebelum melakukan salat Idulfitri. Tidak hanya sebagai bentuk membersihkan diri, melainkan juga bentuk menyucikan diri saat melaksanakan ibadah.

2. Memotong rambut dan kuku
Disunahkan untuk memotong rambut, kuku, menghilangkan bau badan, dan juga memakai wangi-wangian sebelum melaksanakan salat Id. Sebuah hadis riwayat Ali bin Abu Thalib menyebut, bahwa Rasulullah SAW menyuruh untuk menggunakan wangi-wangian di hari raya Idulfitri.

3. Memakai pakaian bagus
Rasulullah SAW menganjurkan untuk memakai pakaian bagus di hari Idulfitri. Tidak harus baru, melainkan pakaian yang masih nyaman dan masih muat. Selain itu, Nabi juga memerintahkan Umar bin Khattab untuk mengenakan pakaian terbaik di hari raya, namun dilarang menggunakan pakaian dari bahan sutera.

4. Makan dan minum sebelum salat
Disunahkan untuk mengisi asupan makanan sebelum salat Idulfitri. Meski disunahkan untuk mengonsumsi kurma, namun bila tidak ada kurma boleh diganti dengan makanan lain.

5. Ucapkan kalimat takbir
Sebelum salat Id, dianjurkan untuk takbiran sebagai syiar atau simbol di hari raya. Berikut kalimat takbir yang bisa dibaca:
"Allaahu akbar Allaahu akbar Allaahu akbar, laa illaa haillallahuwaallaahuakbar Allaahu akbar walillaahil hamd."

Baca Juga: Hukum Salat Idul Fitri di Rumah

Artinya: "Allah maha besar Allah maha besar Allah maha besar. Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar Allah maha besar dan segala puji bagi Allah".

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait