alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sektor Agribisnis Tetap Prospektif di Tahun 2021

Wakos Reza Gautama Kamis, 11 Maret 2021 | 11:22 WIB

Sektor Agribisnis Tetap Prospektif di Tahun 2021
Ilustrasi agribisnis. Sektor agribisnis masih prospektif di tahun 2021. [Suara.com/Alfian Winanto]

pertumbuhan sektor agribisnis, khususnyaon farm, tetap tumbuh positif

SuaraLampung.id - Sektor agribisnis masih menjadi primadona di tengah masa pandemi Covid-19 di tahun 2021. Dibanding sektor lain, agribisnis dinilai tetap tumbuh positif di masa pandemi Covid-19. 

Karena itu menurut Pengamat pertanian Bungaran Saragih, sektor agribisnis 2021 tetap prospektif bahkan lebih baik dari 2020 walau belum sebaik 2019 di masa pandemi saat ini.

Di tengah ekonomi yang tumbuh negatif, lanjutnya, pertumbuhan sektor agribisnis, khususnya on farm, tetap tumbuh positif dan bahkan menjadi satu-satunya yang positif dalam perekonomian Indonesia.

"Hal ini menjadi suatu harapan, bagi pelaku sistem agribisnis di Indonesia," ujar Bungaran dalam Webinar Outlook Pertanian 2021 yang diselenggarakan majalah Agrina di Jakarta, Rabu (10/3/2021) dilansir dari ANTARA.

Baca Juga: Pembangunan Lido Music & Arts Cente Diharapkan Serap Banyak Tenaga Kerja

Dia mengatakan pandemi COVID-19 yang dimulai awal 2020 berdampak luar biasa, terutama pada kesehatan, namun juga berefek besar pada sosial ekonomi, hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi yang negatif.

Karena itu, menurut Mentan era Presiden Megawati itu, tantangan pembangunan pertanian pada 2021 masih cukup besar.

"Sebenarnya, ini bukan yang pertama, dalam krisis kita yang lalu, sistem agribisnis on farm selalu menjadi pengaman perekonomian kita, bahkan saat 1998 ketika perekonomian krisis, agribisnis booming," katanya.

Namun demikian, menurut dia, tantangan masih tetap ada dan cukup besar.

Masalahnya, masih yang lama juga. Pertama, subsistem agribisnis masih terkotak-kotak. Bahkan on farm dan off farm baik yang hulu dan hilir masih mencari bentuk.

Baca Juga: Ade Yasin Harap KEK Lido Serap Banyak Tenaga Kerja Untuk Pemulihan Ekonomi

"Semua itu, belum terselesaikan dengan baik," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait